Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Survei Terbaru: Setuju Gak Ibu Kota Pindah Ke Kaltim?

1 min read
Ibu Kota Pindah

Ibu Kota Pindah

Sharing is Caring

Kemarin, (26/8), Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memutuskan ibu kota baru Indonesia pindah ke provinsi Kalimantan Timur. Alasannya, Kalimantan Timur dinilai sebagai lokasi paling ideal berdasarkan berbagai kajian, diskusi dan pertimbangan.

“Ibu kota negara baru paling ideal adalah di sebagian kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur,” kata Jokowi, seperti yang dilansir di detik.com (27/08/19).

Survei pemindahan ibu kota

detik.com (lembaga survei Kedai Kopi)

Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (Kedai Kopi) merilis hasil survei terbaru terkait pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur.

Sebanyak 35,6 persen responden menjawab setuju terhadap pemindahan ibu kota, sementara 39,8 persen responden menjawab tidak setuju. 24,6 persen responden lainnya memilih untuk tidak menjawab.

Baca juga  Dua Siswa SMP di Grobogan Berkelahi Hingga Maut Menjemput

Dengan begitu, hasil survei menunjukkan mayoritas responden ‘tidak setuju’ terhadap pemindahan ibu kota.

detik.com (desain ibu kota baru)

Kemudian, khusus untuk wilayah DKI Jakarta, sebanyak 95,7 persen responden menyatakan ‘tidak setuju’ terhadap pemindahan ibu kota.

“Penduduk DKI Jakarta, tentu saja, yang paling terdampak dari rencana pemindahan ini. Tidak heran jika mereka banyak yang tidak setuju,” kata Direktur Eksekutif Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (Kedai Kopi), Kunto Wibowo, seperti yang dilansir di akurat.co (27/08/19).

Bagaimana pendapat Anda? Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

(Visited 15 times, 1 visits today)