Sat. Sep 26th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Inilah 4 Alasan yang Membuat Orang Betah Tinggal di Jepang

2 min read
Sharing is Caring

Apa yang terlintas dipikiran kita jika mendengar kata Jepang? Pasti banyak yg berpikir tentang teknologi & kebudayaannya. tentu saj juga hiburannya. Terlepas dari itu semua, ada beberapa alasan yang membuat orang-orang betah di sana.

1. Peduli tentang lingkungan

Jepang adalah negara terbersih di dunia. Keberhasilan ini berkat kontribusi masyarakatnya yang sadar akan lingkungan bahkan tidak berlebihan jika menganggap itu sudah mendarah daging pada diri mereka.

Contohnya saja di Asian Games kemarin nih.

Turis Jepang yang niatnya liburan (Dukung negara tepatnya) tetapi tidak malu apalagi gengsi mungut sampah di jalan. Padahal bukan negaranya, secara SUKARELA & anti pencitraan dia ambilin sampah dengan inisiatif sendiri 

Sedangkan orang-orang dari negara penyelenggara sendiri malah tidak ada yang mau melakukannya. Kesan apa yang ada di pikiran orang jepang tersebut tentang Indonesia. Didikan orang tua & para guru di jepang kepada anak-anak mereka sejak dini yang membuat terbawa sampai dewasa tentang sadar lingkungan. Kemudian kpercayaan agama (shinto) yg menganggap kebersihan itu sangat penting.  Bahkan sangking bersihnya banjir di Jepang airnya bening

Baca juga  Sejarah Harakiri atau Seppuku, Tradisi Bunuh Diri yang Dilakukan di Jepang

Untuk terus menjaganya kebersihan.Di Jepang mempekerjakan pekerja kebersihan yg di sebut “Insinyur kesehatan” dan mendapatkan gaji 50 juta perbulan.

2. Transportasi yang nyaman & teratur

Transportasi umum merupakan transportasi yg paling diminati di Jepang.(Terutama kereta api) Karena terjamin tepat waktu & mencakup hampir seluruh wilayah di Jepang. Membuat jalan raya di sana menjadi sepi & bebas macet (kapan kayak gini ).

Mereka bahkan menganggap jika ada orang yg memakai kendaraan pribadi itu adalah orang desa yang tidak ada atapun jauh dari transportasi umum .

3. Pelayanan publik

Jepang sangat memperhatikan kenyamanan warganya mulai dari pembangunan fasilitas sederhana sampai yg kompleks pun ada di sini. Jalur pejalan kaki di Jepang dibuat cukup lebar, sekaligus adanya jalur khusus untuk pengendara sepeda.

Baca juga  Karena Terlalu Kuat, Captain Universe dan 4 Karakter Marvel Ini Mustahil Muncul di Film MCU

Semua pegawai menaati patuh aturan dan disiplin kita tak perlu menyediakan “uang administarsi” agar dokumen/surat kita dapat selesai. Pegawai pemerintahan malah akan tersinggung jika kita memberikan “uang terima kasih” atau “tip” atas pelayanan cepat yang dia berikan. Bahkan para pegawai jika tidak menjalankan tugasnya dengan baik pun mereka akan meminta maaf di tempat itu juga.

4. Semangat kesetaraan & keharmonisan

Di Jepang keharmonisan sangatlah penting. Orang Jepang selalu mengikuti aturan dan berusaha menghindari konflik sebanyak mungkin ketika naik eskalator dan ketika mereka pergi ke restoran, tidak ada orang yang akan menyerobot berbarisan begitu juga dengan urusan berjalan kaki mereka tidak gengsi & bahkan menganggap itu lebih sehat.

Baca juga  Ternyata Inilah Skandal Terbesar Sepanjang Sejarah Piala Dunia, Kotor dan Menjijikan

Di sini, politisi dianggap sama hanyalah sebuah pekerjaan seperti yang lainnya. Semuanya setara sehingga anda bisa melihat dari cara mereka berpakaian. Sangat sedikit dan hampir tidak ada orang yang ingin terlihat menonjol dengan baju bermotif dan berwarna terang seakan membaur dengan masyarakat.

Ya itulah yang membuat banyak orang betah tinggal di Jepang meskipun begitu setiap negara memang punya kelebihan dan kekurangannya masing masing tidak semua negara sempurna seperti halnya manusia.

(Visited 22 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.