Tue. Oct 20th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

8 Makanan Berbahaya yang Bisa Bikin Ompong Lebih Dini

3 min read
Sharing is Caring

Gigi adalah bagian tubuh paling penting yang berfungsi untuk mengunyah makanan dan menjaga penampilan. Akan tetapi banyak orang tidak menyadari bahwa makanan tertentu bisa membuat gigi anda cepat rusak, dan lama-kelamaan gigi akan mengalami perubahan penampilan, mulai dari menjadi kuning, hingga ompong. Omaigat, tentunya kita tidak ingin hal ini terjadi bukan?

Maka dari itu lebih baik hindari mengkonsumsi 8 makanan dan minuman ini secara berlebihan untuk tetap menjaga kesehatan gigi anda.

8. Blueberry

Buah yang kecil, manis, dan berwarna biru ini ternyata berpengaruh buruk pada gigi jika dikonsumsi terlalu sering. Jika kamu memakannya tentu saja gigimu akan berwarna biru tapi taukah kamu jangka panjang terlalu sering mengonsumsinya? Yup, gigimu akan berubah warna kekuningan akibat dari ekstrak jus yang dihasilkan oleh buah blueberry.

7. Keripik (Chips)

Penjelasannya sangat mudah, keripik kentang pada umumnya memiliki karbohidrat yang cukup banyak yang akan berubah menjadi glukosa karena tercampur oleh air liur. Kemudian hal ini akan menjadi hal yang mengkhawatirkan karena akan meninggalkan plak pada gigi. Jadi pakar kesehatan selalu menyarankan untuk berkumur setelah memakan snack yang manis.

Baca juga  Intip Deretan Kuliner Khas Cianjur Paling Lezat & Menggugah Selera. No 4 Bikin Penasaran!

6. Permen Karet

Walau yang kamu konsumsi adalah permen karet bebas gula (sugar free) yang sepertinya aman untuk gigi. Tapi sebaliknya, bahaya dari sering mengonsumsi permen karet bukanlah gulanya akan tetapi kerusakan yang akan ditimbulkan pada tambalan gigi dan mahkota gigi.

Selain itu, ketika mengunyah permen karet, produksi air liur meningkat drastis sehingga akan meningkatkan produksi zat alkali pada mulut yang akan mengikis tambalan dan enamel gigi.

5. Popcorn

Nonton bioskop tapi tanpa popcorn? Aduh, bagaimana ya? Tapi kamu harusnya tahu kalau popcorn yang dijual kebanyakan masih ada biji jagung yang tidak menjadi popcorn. Biji jagung ini akan dengan mudah terselip diantara gigi dan menyebabkan luka pada gusi dan gigi. Selain itu, makanan yang manis-manis selalu mengandung karbohidrat yang cukup banyak sehingga akan berbahaya jika terbentuk dengan glukosa.

Baca juga  10 Foto ini Perlihatkan Bagaimana Orang India bikin Jajanan, mau coba?

4. Tomat

Sama seperti buah-buahan asam lainnya, tomat juga masam. Keasaman tidak hanya berlaku untuk tomat yang segar tapi juga pada produk hasil olahan tomat seperti saus tomat. Keasaman yang berlebihan dapat membahayakan gigi dan menyebabkan gigi sensitif. Saran dari dokter gigi adalah untuk tidak terlalu sering memasak makanan yang mengandung tomat.

3. Roti, makaroni, dan kentang

Makanan yang mengandung banyak pati akan dengan mudah menempel pada gigi dan akan tetap berada dimulut untuk waktu yang lama. Pati yang tidak segera dibersihkan pada gigi akan menimbulkan masalah seperti plak pada gigi. Apalagi pati akan berubah menjadi gula apabila terkena air liur sehingga dampak buruknya dapat menyebabkan lubang pada gigi dan beberapa masalah gigi lainnya.

2. Buah Kering

Apel kering dan pir kering memang rasanya sangat manis, tapi tahukah kamu bahwa buah kering ternyata berbahaya bagi gigi karena tekstur mereka yang lengket? Mereka cukup lengket hingga dengan mudah menempel pada gigimu akibat gula yang terkandung pada buah kering. Gula sangat berbahaya bagi gigi yang dapat menyebabkan lubang di gigi dan merusak enamel gigi.

Baca juga  Tempat Terbengkalai yang Terkenal Angker, Sereeeem!!

1. Teh

Teh menjadi minuman paling populer di Indonesia dan kamu pasti tahu bahwa teh mengandung kafein yang memiliki efek negatif pada tubuh tapi tidak pada gigi. Tapi ada kandungan lain yakni flourin yang sedikit lebih banyak daripada kafein pada teh, flourin ini akan memberikan dampak buruk pada teh mulai dari menyebabkan gigimu kuning hingga gigi sensitif.

Flourin memang bermanfaat bagi tubuh apabila dikonsumsi secara tepat, jika berlebihan akan memberi dampak buruk pada tulang dan gigi. Maka sangat disarankan hanya maksimal mengonsumsi 4 gelas teh sehari dan jangan menggunakan teh celup murahan.

(Visited 43 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.