Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Inilah 10 Fitur Android Pie yang Harus di Ketahui

4 min read
Sharing is Caring

Google sebagai pemilik android terus berinovasi dengan sistem operasi (OS) android. Kalau kamu tau nih, Sampai saat ini, Sistem operasi android sudah sampai generasi ke 9 yang di beri nama Android Pie.

Memang bener OS terbaru android ini masih sedikit digunakan, Di karena kan masih belum meratanya update yang di berikan google kepada brand smartphone android.

Tapi, Bagi kamu yang belum punya ataupun sudah memiliki OS 9.0, Kamu harus tau kalau banyak fitur terbaru yang diberikan google untuk mempermudah penggunaan android kamu. Apa aja, Mari kita lihat sama – sama.

1. Menggunakan dark mode untuk seluruh perangkat 

Fitur dark mode memang sangat di gemari oleh pengguna gadget, setiap aplikasi selalu berinovasi mengarap fitur dark mode. Seperti google yang sudah meluncurkan fitur tersebut ke dalam aplikasinya, Tak terkecuali untuk os terbarunya.

Di android pie kamu bisa mengunakan fitur ini dengan cara masuk ke setting > tampilan > tema perangkat > gelap. dengan fitur bisa meringankan kerja mata supaya tidak lelah terus menerus melihat layar smartphone.

2. Atur notifikasi aplikasi apa saja yang muncul di layar smartphone

Apakah kamu termasuk orang yang terganggu dengan begitu banyak notifikasi yang muncul di layar smartphone ?. Sekarang di pilihan pengaturan android pie, kamu bisa mengatur notifikasi aplikasi apa saja yang akan muncul di layar smartphone.

Caranya pergi ke Setelan > Aplikasi & Notifikasi > Notifikasi Aplikasi dan pilih aplikasi apa saja yang akan kamu matikan notifikasinya. Pastikan aplikasi itu yang tidak terlalu penting.

Baca juga  Teori Konspirasi kalau Database Merupakan Propaganda Illuminati

3. Fitur cahaya malam, Mengurangi cahaya silau smartphone di malam hari

Sama halnya dengan fitur dark mode, cahaya malam atau night light, Berfungsi Untuk pengguna android saat melihat layar di malam hari.

Untuk Mengaktifkan mode ini kamu perlu menyetelnya dengan masuk ke Setelah > Tampilan > Cahaya Malam, Dan aktifkan serta atur intensitasnya. Cahaya dengan rona kuning menyejukkan ini, Bisa membantumu saat sedang membaca serta membantu lebih cepat tidur. 

4. Masuk ke recent apps, Menggunakan navigasi gesture

Bagi kamu yang ingin menggunakan fitur navigasi gesture, seperti di hp pixel ataupun iPhone. Sekarang fitur tersebut sudah tersedia di OS android pie. Untuk menggunakan fitur ini kamu hanya perlu mengaktifkannya lewat Setting > Gestur > Geser Tombol Layar Ke Atas, dan kamu geser toggle on.

Dengan menggunakan fitur ini, tombol kanan yang biasanya untuk membuka recent apps, di ganti dengan menggeser pil kecil yang berada ditengah bawah ke arah atas untuk recent membuka recent apps akan terbuka.

5. Tangkap layar smartphone jadi lebih mudah hanya dengan sekali tekan

Apakah kamu termasuk orang yang suka menangkap gambar layar hp ?. Tombol apa yang kamu gunakan ?. Kalau jawabanmu adalah dengan kombinasi volume bawah (-) dan tombol power secara bersamaan.

Ada cara lebih mudah, Di pembaruan OS pie 9, Kamu hanya perlu menekan volume power dan akan keluar menu pop up matikan perangkat, restart dan screenshot. Tekan menu screenshot, otomatis smartphone kamu akan menangkap gambar layar yang langsung tersimpan di galeri.

Baca juga  Ini Dia Smartphone Empat Kamera RAM 12GB, Harganya Murah Kebangetan dari Samsung

Bagaimana, lebih mudahkan cara tangkap Layar smartphone androidmu ?, Tanpa perlu ribet-ribet menekan 2 tombol sekaligus.

6. Mengatur posisi layar smartphone mengunakan tombol rotasi

Dengan tidak adanya tombol sebelah kanan di navigasi gesture, bukan berarti tidak kegunaannya. Kamu sekarang tidak perlu ribet membuka notifikasi panel untuk mengaktifkan tombol rotasi otomatis.

Karena kamu hanya perlu memiringkan sedikit hp dan tombol rotasi akan muncul di sebelah kanan bawah smartphone, Dan kerennya fitur ini mengunci posisi layar jadi kalau layar hp dalam mode potrait, dan ingin ke mode lanscape kamu harus menekan tombol tersebut dan untuk sebaliknya juga sama, tidak otomatis berpindah tampilan.

7. Mengunakan tombol untuk menonaktifkan suara dering

Saat rapat atau sedang urusan yang tidak bisa di ganggu suara, Termasuk suara notifikasi smartphone. Fitur ini sangat berguna sekali, Karena kamu hanya perlu menekan tombol volume atas (+) dan tombol power untuk menonaktifkan suara ataupun menggetarkannya.

Caranya masuk Setting > Suara > Pintasan Untuk Mencegah Berdering, Dan pilih salah satu mode yang ingin kamu buat shortcut supaya lebih praktis.

8. Menu volume yang lebih praktik dengan bentuk vertikal

Salah satu hal yang berubah di user interface (UI) android pie, Adalah berubahnya posisi toggle pengatur suara volume. Sebelumnya di android Oreo 8.0, Posisinya berada di layar atas dan berbentuk horizontal.

Hal ini lebih mempermudah kita untuk mengatur volume smartphone dan lebih cepat menuju menu pengaturan suara dengan adanya tombol setting di bawah toggle volume.

Baca juga  Jual Saja HP Lemotmu Sebelum Rugi, Inilah Rekomendasi HP Dengan RAM 6GB Yang Murah

9. Layar smartphone otomatis menyala dengan fitur notifikasi ambien yang lebih keren

Fitur ambient display, memang bukan fitur yang baru di sistem android, Karena fitur yang bisa otomatis menyalakan layar smartphone saat ada notifikasi masuk ini.

Sudah lama di gunakan dari android marshmellow 6.0, Di UI android pie ini tampilannya berubah menjadi lebih keren. Mode ini sudah otomatis menyala di android pie, kalaupun belum kamu bisa mengaktifkannya sendiri dengan pergi ke menu Setelan > Tampilan > Notifikasi Ambient, Dan nyalakan moodnya.

Saat ada notifikasi masuk layar smartphone akan berubah tampilan menjadi gelap dengan pemberitahuan notifikasi dan jam, Serta tampilan baterai di sebelah bawah.

10. Balas chat lebih cepat dengan fitur smart reply

Selain fitur yang author berikan di atas, Ada satu fitur yang sangat berguna sekali yaitu smart reply. Apa itu fitur smart reply?, Fitur ini akan sangat berguna ketika kamu harus membalas pesan yang masuk tanpa harus meninggalkan aplikasi yang sedang kamu buka.

Perbedaannya dengan tampilan di os android sebelumnya, fitur ini tidak akan menghilang dari panel notifikasi setelah kamu membalas pesan. Jadinya kamu bisa dengab bebas membalas chat berulang – ulang tanpa masuk ke dalam aplikasinya.

(Visited 10 times, 1 visits today)