Sun. Dec 8th, 2019

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

5 Sejarah Kapal Karam yang Jauh Lebih Menarik Dibanding Titanic!

2 min read
Sharing is Caring

Siapa yang tidak tahu tentang sejarah tenggelamnya Titanic. Tragedi yang menewaskan banyak penumpang kelas tinggi merupakan berita hangat di seluruh dunia dan masih banyak yang sampai saat ini.

Berikut Cerita Kapal Karam Selain Titanic.

1. HMHS Britannic

Britannic dapat disamakan dengan ‘saudara perempuan’ ke Titanic karena keduanya dibangun oleh perusahaan pelayaran yang sama, White Star Line. Setelah tragedi Titanic, beberapa perubahan telah dilakukan pada Britannic seperti meningkatkan jumlah kapal penyelamat, memperkuat kerangka kapal di daerah yang rentan terhadap kerusakan oleh lapisan es.

Britannic difungsikan sebagai kapal rumah sakit oleh pemerintah dan menempatkan para pasien yang terluka selama Perang Dunia pada saat itu.

Namun, kapal tersebut hanya mampu bertahan dalam setahun sebelum tenggelam akibat meriam yang dikupas oleh musuh nasional.

Baca juga  5 Misteri Kapal Hantu yang Tak Pernah Terpecahkan

Dari 1.000 orang di atas kapal, hanya sekitar 30 orang yang meninggal.

2. RMS Lusitania

Pada tahun 1915, kapal tersebut tenggelam oleh sebuah kapal Jerman yang diduga melanggar hukum internasional dengan membombardir kapal-kapal non-militer tanpa peringatan.

Pada saat yang sama, pemerintah Inggris juga melanggar undang-undang tersebut dengan menggunakan kapal Lusitania untuk mengangkut senjata api dengan harapan tentara Jerman tidak akan menyerang kapal tersebut.

Sekarang, reruntuhan bisa ditemukan di sekitar mercusuar di Kinsale, Irlandia.

3. Nuestra Señora de Atocha (Bunda Maria Atocha)

Pada tahun 1622, kapal Atocha membawa kontainer muatan besar emas, perak, permata, tembakau, tembaga dan banyak barang berharga lainnya pada saat itu yang seharusnya dilakukan dari Havana ke Spanyol.Namun, topan tersebut menyerbu kapal tersebut dan menyebabkan kerusakan parah pada kapal tersebut.

Baca juga  Banyak Yang Belum Tahu! Ternyata Harta Kekayaaan Majapahit Terkubur di Sini

Para kaisar Spanyol menghabiskan bertahun-tahun untuk mencari sisa kapal Atocha tapi tidak menemukannya.

Sampai tahun 1985, seorang pemburu harta karun profesional bernama Mel Fisher menemukan reruntuhan itu. Namun, dek depan (sterncastle), yang merupakan harta karun penyimpanan, tidak ditemukan bersamaan dengan reruntuhan Atocha.

4. Whydah Gally

Seorang bajak laut terkenal bernama ‘Black Sam’ Bellamy telah mendapatkan keuntungan sebesar RM501.5 juta pada masanya.Namun, pada tahun 1717, sebuah badai menyerang dan membawa Bellamy, kapal Whydah Gally, semua kru beserta harta yang dia dapatkan sebagai bajak laut.

Sekitar 260 tahun kemudian, sisa kapal ditemukan oleh seorang kapten yang mempelajari kapal karam tersebut. Di bel kapal digunakan untuk memberitahu kru tentang waktu makan malam, ia mengatakan ‘The Whydah Gally 1716’ sebagai bukti bahwa itu adalah kapal bajak laut yang sesungguhnya!

Baca juga  5 Penjelasan Fakta Aneh yang Beredar Mengenai Tragedi Kapal Titanic

5. Pembalasan Ratu Anne

Dendam Ratu Anne adalah salah satu kapal yang paling ditakuti di masa lalu. Dioperasikan oleh kapten Blackbeard, kapal tersebut telah berlayar di lautan selama setahun sebelum ambruk karena melakukan pelanggaran pada tahun 1717. Namun, orang-orang percaya bahwa pelanggaran tersebut disengaja.

Nasib kapal tetap menjadi misteri sampai tahun 1996 ketika sebuah kapal karam milik Dendam Ratu Anna ditemukan. Setelah ribuan artefak ditinjau, akhirnya pada tahun 2011, National Geographic Association mengkonfirmasi bahwa kapal tersebut adalah Dendam Ratu Anna. (rp) 

(Visited 8 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.