Thu. Nov 26th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

5 Peninggalan Kuno yang Bikin Bingung Para Ilmuwan

2 min read
Sharing is Caring

Mungkin sebagian besar masyarakat memiliki anggapan bahwa manusia yang hidup dalam peradaban kuno di masa lalu, memiliki kecerdasan yang lebih rendah dari manusia modern saat ini. Mungkin salah satunya adalah kalian?

Namun anggapan ini dapat dikatakan tidak benar. Pasalnya dari beberapa temuan peninggalan peradaban kuno, ternyata manusia pada zaman tersebut justru memiliki kecanggihan yang bisa jadi lebih baik dibandingkan dengan manusia sekarang. Bahkan saking canggihnya, banyak peneliti yang bingung menjelaskan tentang pembuatan beberapa benda peninggalan sejarah berikut ini.

1. Lensa Nimrud dan Antikythera Mechanism

Peninggalan peradaban kuno yang membingungkan pertama adalah dua buah artefak yang ada sejak 3.000 tahun yang lalu., yaitu Lensa Nimrud dan Antikythera Mechanism. Lensa Nimrud adalah lensa tertua buatan manusia yang konon sudah menjadi bagian dari teleskop Babel kuno. Sedangkan Antikythera Mechanism adalah sebuah benda yang dulunya dipakai manusia untuk meramalkan apa yang akan terjadi di langit melalui sebuah pengamatan pergerakan bulan, planet, dan matahari. Kok manusia saat itu sudah berfikir sampai ke situ ya? Bagaimana mereka bisa membuat benda-benda semacam ini? Mungkin pertanyaan ini yang membuat banyak orang termasuk ilmuwan bingung.

Baca juga  7 Kisah Pelarian dari Penjara Paling Legendaris Dalam Sejarah

2. Goa Longyou

Goa Longyou merupakan sebuah goa buatan manusia dalam peradaban kuno yang telah masuk dalam 9 keajaiban dunia kuno. Goa ini yang memiliki ukirannya rumit dan menakjubkan ini diperkirakan dibangun sekitar 500-800 tahun sebelum masehi. Hal inilah yang membuat para peneliti bingung. Tak peneliti, mungkin kalian juga menjadi salah satu orang yang bingung tentang bagaimana bisa manusia pada masa itu mampu memahat pola yang sangat rumit di dalam goa?

3. Terowongan batu

Hal lain yang membingungkan peneliti adalah peninggalan peradaban kuno berupa Terowongan batu. Terowongan yang dimiliki oleh 2 negara yaitu jerman (700 meter) dan Austria (350 meter) ini dikenal sangat misterius.Hal ini dikarenakan terowongan ini tidak mengalami perubahan meski selama sekitar 12.000 tahun diterpa bencana alam dan kondisi cuaca yang tidak menentu. Inilah yang membuat para ilmuwan bingung. Kok bisa ya?

Baca juga  Gara-gara 5 Mimpi Tidur Orang Ini, Sejarah Dunia Berubah Total

4. Pumapunku dan Tiwanaku

Peninggalan yang bikin bingung ilmuwan selanjutnya adalah kota misterius di Amerika Selatan, Pumapunku dan Tawanaku. Kota ini diyakini dibangun pada masa pre Inca Kuno. Kota yang diperkirakan berasal dari 15 ribu tahun yang lalu dikenal karena pemukimannya yang dibangun menggunakan batu-batu besarnya yang saling terkait satu sama lain tanpa pahatan. Tak hanya itu, kota ini juga sudah memiliki sistem irigasi, garis limbah dan mekanisme tenaga air. Kok bisa ya?

5. Gobleki Tepe

Peninggalan terakhir berupa sebuah kompleks candi yang terletak di selatan sampai timur Turki yang dikenal dengan Gobeki Tepe. Situs ini diperkirakan dibangun pada masa akhir zaman es atau sekitar 12 ribu tahun yang lalu. Bangunan ini terdiri dari 20 struktur bangunan dengan pilar raksasa sebesar 18 kaki dan berat masing-masing pilar mencapai 15 ton. Yang membingungkan ilmuwan adalah bagaimana manusia pada masa peradaban Paleolitik tersebut bisa membuat struktur secanggih dan sekompleks itu.

Baca juga  Sejarah Harakiri atau Seppuku, Tradisi Bunuh Diri yang Dilakukan di Jepang
(Visited 58 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.