Fri. Sep 25th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Jangan Coba-Coba Menyentuh! 5 Benda Kuno Ini Cuma Bikin Sial

3 min read
Sharing is Caring

Ilmu sains memiliki sedikit ruang untuk takhayul dan sihir. Semua yang terjadi selalu ada dasar dan penjelasan ilmiahnya.

Kecuali mungkin untuk bidang arkeologi. Bahkan arkeolog yang berpikiran modern pun mungkin akan mengatakan ada beberapa peninggalan kuno yang tampaknya memiliki kemampuan non-ilmiah yang sulit dijelaskan. Beberapa diantaranya ada di bawah ini, dirangkum dari mentalfloss.com

5. Vas Basano

Legenda mengatakan bahwa vas perak yang dibuat pada abad ke-15 itu diberikan kepada pengantin wanita pada malam pernikahannya di dekat Napoli, Italia. Sayangnya, dia tidak pernah sampai ke altar gereja, ketika dia dibunuh pada malam itu dengan vas di tangannya. Dari sana, kemudian vas itu diambil oleh saudaranya, tetapi siapa pun setelah itu yang memiliki vas dikatakan telah meninggal segera sesudahnya. Setelah kematian yang tak terhitung, keluarga itu akhirnya membuang vas itu. Vas itu kemudian muncul kembali pada tahun 1988 dengan sebuah catatan, “Waspadalah … Vas ini membawa kematian.” Namun, ketika vas ini dilelang dengan harga sekitar USD 2.250, catatan itu dibuang dari deskripsi item. Apoteker yang membeli vas itu meninggal tiga bulan kemudian. Tiga kematian pemilik baru diikuti hingga akhirnya kutukan itu tampaknya tidak muncul lagi ketika sebuah keluarga yang putus asa meminta polisi untuk mengambilnya.

Baca juga  7 Mitos Ruang Angkasa yang Jangan Dipercaya

4. Kursi Kayu Busby

Pemabuk Inggris Thomas Busby diketahui membunuh ayah mertuanya, Daniel Auty pada tahun 1702. Karena kejahatannya, dia kemudian dieksekusi dengan cara digantung di persimpangan jalan dekat sebuah penginapan. Tapi kisahnya, tidak berakhir sampai disini. Sebuah kursi yang ada di tempat eksekusi-nya diyakini membawa kutukan bagi siapa pun yang duduk di atasnya. Konon kutukan itu akan membawa kematian karena kecelakaan yang mengerikan. Namun, kursi itu tetap bertahan di penginapan sampai tahun 1978, ketika pemiliknya memberikannya kepada Museum Thirsk, di mana sekarang kursi itu berada disisi dinding museum.

3. Lukisan “The Hands Resist Him”

Kisah seni terkutuk lainnya mengelilingi lukisan seorang anak laki-laki dan boneka perempuan yang berdiri di depan jendela. Dilukis oleh seniman California Bill Stoneham pada tahun 1972, “The Hands Resist Him” ​​adalah milik aktor John Marley sebelum dilelang di eBay pada tahun 2000 dengan klaim bahwa lukisan itu dikutuk. Penjual anonim mengatakan lukisan itu ditemukan di belakang sebuah pabrik bir tua. Segera setelah membawanya pulang, anak perempuan mereka yang masih kecil mengklaim bahwa angka-angka dalam lukisan itu bergerak di malam hari, dan bahkan melangkah keluar dari bingkai mereka untuk menyebabkan kekacauan di rumah. Mereka memposting foto sebagai bukti. Lukisan ini ditawar USD 1.025.

Baca juga  Banyak Yang Belum Tahu! Ternyata Harta Kekayaaan Majapahit Terkubur di Sini

2. Berlian Harapan

Diyakini telah muncul ke permukaan sejak 1,1 miliar tahun yang lalu, permata ini diperkirakan bernilai USD 200-250 juta. Permata cantik ini telah berkeliling dunia tetapi sekarang berada di Museum Sejarah Alam Smithsonian AS. Beberapa orang percaya permata ini punya kutukan, bahwa malapetaka dan kesengsaraan besar akan menimpa siapa saja yang berani mengenakan berlian 45,52 karat ini. Dikabarkan banyak dari korban berlian ini yang telah menderita aib, perceraian, bunuh diri, penyiksaan, kehancuran keuangan, dipenjara, hingga dihukum mati. Namun, banyak juga orang yang berpendapat cerita tentang kutukan itu hanya dibuat-buat untuk menakut-nakuti pencuri.

1. Makam King Tut

Mungkin kutukan yang paling terkenal dari semuanya adalah kutukan Makam King Tut, atau Tutankhamun, tempat Firaun yang mati muda disemayamkan. Semua yang masuk, apakah mereka bandit atau arkeolog, konon bernasib buruk setelahnya, entah itu kena penyakit, atau bahkan kematian mendadak tanpa sebab yang jelas. Kepercayaan pada kutukan ini mendahului ekspedisi Howard Carter pada tahun 1922 yang telah menemukan makam Tut, tetapi penemuan itu justru menjadi awal kisah mistis yang menyeramkan. Yang pertama mati adalah burung kenari yang dikabarkan telah membawa Carter ke lokasi tersembunyi dari makam. Ada yang mengatakan burung itu dimakan oleh kobra, simbol dari kerajaan Mesir, sementara yang lain bersikeras burung itu tidak mati, melainkan diberikan ke seseorang. Segera setelah itu, donatur yang memberikan modal kepada Carter untuk melakukan ekspedisi ke Mesir, Lord Carnavon meninggal karena gigitan nyamuk. Diperkirakan ada puluhan orang yang kematiannya dikaitkan dengan kutukan dari makam King Tut. Namun, banyak juga orang yang skeptis bahwa itu hanyalah sebuah kebetulan, atau mungkin juga disebabkan karena adanya jamur mematikan yang ada disekitar makam.

Baca juga  Hantu Legenda yang Ada di Indonesia, Serem Parah!
(Visited 29 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.