Thu. Dec 3rd, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

5 Perubahan Bentuk Paling Keren yang Dilakukan Oleh Hewan

2 min read
Sharing is Caring

Banyak hewan yang memiliki keunikan yang jarang dimiliki oleh hewan lain salah satunya adalah merubah bentuk mereka. Ada beberapa hewan yang dilengkapi dengan tubuh yang memungkinkan mereka untuk merubah bentuk. Tentu hal itu untuk bisa bertahan hidup di kehidupan alam liar.

Dan inilah beberapa hewan yang memiliki kemampuan untuk merubah tubuh mereka:

Rain Frog – sang katak mutant

Hewan unik ini ditemukan di ekuador tahun 2006 dengan keunikannya yakni merubah bentuk tubuhnya. Ilmuan bahkan dibuat kagum oleh keunikan dari hewan ini. Dari tadinya kodok ini memiliki kulit yang halus, tapi tiba-tiba berubah kasar dengan duri dari kulitnya. Ditambah kaki dari hewan ini juga membuatnya seolah beda dari semula.

Baca juga  Inilah 7 Jenis Sapi Yang Paling Besar Di Dunia

Tentacled Caterpillar

Makhluk yang disebut cacing pita bertanduk atau pembawa filamen Ini, diketahui telah berubah bentuk dengan menambahkan beberapa tentakel ketika ahli entomologi, Aaron Pomerantz memeriksa bagian pohon di hutan Peru. Saat dia berteriak makhluk ini akan menambahkan 4 tentakel lain.

Perubahan bentuk yang dilakukan oleh ulat ini belum bisa dijelaskan. Beberapa orang berkata bahwa itu untuk meniru bunga coklat yang jatuh, ada juga yang mengungkapkan jika itu untuk mengalihkan perhatian, dimana predator akan lebih fokus untuk mengambil tentakelnya daripada ulat itu sendiri.

Ikan Buntal

Ikan ini cukup terkenal sehingga kalian mungkin tahu jika memang ikan ini akan merubah tubuhnya jika sedang terancam. Lebih tepatnya ikan buntal akan mengembangkan tubuhnya seperti bola ketika terancam dan biasanya tonjolkan juga duri-durinya. Ikan ini memiliki kulit yang elastis dan kuat sehingga itu kuat ketika diregangkan.

Baca juga  Berhijab Besar & Memakai Cadar Wanita Ini Malah Dikejar Polisi. Ternyata

Slime Mold

Mungkin kalian pernah melihat di film-film (khususnya anime) ada sebuah makhluk yang mirip seperti jeli atau lendir dan itu hidup dan bergerak. Itu mungkin mirip dengan keberadaan Slime Mold atau Cetakan Lendir, meskipun sebenarnya mereka tidak terlalu mirip karena ukurannya.

Mereka adalah organisme yang dapat hidup sebagai organisme bersel tunggal, tetapi jika kondisi memungkinkan mereka akan bergabung membentuk satu sel besar (plasmodium).

Para peneliti tertarik dengan perubahan bentuk mereka ketika memecahkan teka-teki. Seperti pada percobaan Physarum polycephalum (salah satu slime mold) yang banyak dipelajari. Mereka dapat menemukan cara efesien ketika keluar melalui labirin.

Deepstaria enigmatica

Mungkin melihatnya sejenak kita memang dibuat penasaran. Hewan yang bisa ditemukan di lautan dengan kedalaman 1.500 meter ini merupakan salah satu jenis ubur-ubur yang memiliki keunikan yang jarang kita lihat.

Baca juga  Gokil! Modal Pulpen Biasa, Jadi Potret Manusia Seperti Nyata!

Hewan ini bukan hanya dapat merubah bentuknya, tapi bentuknya sendiri memang terlihat unik dari ubur-ubur biasanya. Hewan yang teridentifikasi pada tahun 1967 ini dapat melebarkan tubuhnya seperti sebuah parasut, hal itu untuk menelan mangsanya dibantu dengan sengatan yang dimilkinya.

(Visited 23 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.