Thu. Nov 26th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Untung Kecil dan Dapat Kritikan Pedas, Sekuel 5 Film Marvel & DC Ini Dibatalkan

3 min read
Sharing is Caring

Tren membuat sekuel film sudah ada sejak dulu. Biasanya mereka membuat sekuel karena keuntungan dari film pertama sangat besar dan berharap bisa mengulanginya lagi jika mereka membuat kelanjutan dari film pertamanya.

Rupanya tidak semua seperti itu. Beberapa studio sudah percaya diri akan mendapat keuntungan besar dan respons yang baik dari filmnya, sehingga mereka sudah mengumumkan akan membuat sekuel bahkan sebelum film pertamanya tayang.

Eh, namanya hidup mana ada yang tahu. Percaya diri mereka akhirnya gugur juga setelah mendapatkan pendapatan box office yang kecil dan mendapat banyak kritik. Di antaranya adalah 5 film superhero di bawah ini.

1. Green Lantern (2011)

Film yang berdasarkan karakter milik DC Comics ini hanya mendapat rating 26% pada situs Rottentomatoes dan hanya meraup 220 juta dollar, padahal budgetnya sangat besar yakni 200 juta dollar.

Rugi sih nggak, tapi film tersebut perlu menghasilkan 500 juta dollar untuk dianggap sebagai film yang sukses. Oleh karena itu, jelas bahwa film Green Lantern adalah kegagalan besar.

Baca juga  Inilah 8 Foto Paling Langka yang Mungkin Belum Pernah Kamu Lihat Sebelumnya

Rencana WB untuk melanjutkan sekuel film Green Lantern pun segera dibatalkan. Yah, bukannya untung banyak, malah jadi memalukan.

2. Superman Returns (2006)

Superman Returns adalah reboot/sekuel dari dua film Superman pertama, dengan menganggap bahwa film ketiga dan keempat tidak ada.

Sayangnya, meskipun banyak orang menganggap film ini bagus, pendapatan di box office hanya menghasilkan 391 juta dollar, dengan budget sebesar 200 juta dollar.

Padahal sekuel film ini sudah direncanaka, dan dipastikan akan memunculkan Brainiac dan Bizarro sebagai musuh Superman. Namun, karena pendapatan yang kurang memuaskan tadi, akhirnya rencana itu dibatalkan.

3. The Amazing Spider-Man 2 (2014)

The Amazing Spider-Man 2 menerima sambutan yang beragam dan akhirnya meraup 709 juta dollar di box office. Jumlah ini bisa dibilang mengecewakan mengingat kepopuleran Spider-Man.

Baca juga  5 Karakter Anime Baka yang Seru untuk Ditonton

Padahal Sony telah merencanakan akan membuat cinematic universe khusus untuk Spider-Man dan musuh-musuhnya. Beberapa judul sudah direncanakan, seperti Sinister Six, Venom, dan Black Cat. Rencana itu akhirnya tertunda setelah kinerja The Amazing Spider -Man 2 di box office.

Sony akhirnya mencapai kesepakatan dengan Marvel untuk membawa Spider-Man ke MCU, dan otomatis membatalkan franchise The Amazing Spider-Man.

4. Fantastic Four (2015)

Fox punya rencana besar untuk me-reboot film Fantastic Four. Bahkan sekuel untuk film ini pun sudah diumumkan, yang rencananya akan dirilis pada 14 Juli 2017.

Namun, film ini mendapatkan banyak kritik yang juga mengakibatkan terhadap pendapatan di box office yang hanya sebesar 168 juta dollar dan mendapat rating sebesar 9% saja di situs Rottentomatoes.

Rencana sekuel film ini pun akhirnya dipertanyakan, meskipun kita sudah dapat menebaknya dari jumlah box office di atas.

Pada bulan Desember tahun 2017, Disney mengumumkan bahwa mereka membeli aset TV dan film Fox, sebuah langkah yang akan menempatkan masa depan Fantastic Four di tangan Marvel Studios.

Baca juga  Doctor Strange Beri Kode Bahwa X-Men Telah Terhubung dengan MCU?

5. Batman & Robin (1997)

Banyak yang menganggap kalau Batman & Robin adalah salah satu film terburuk sepanjang masa. Padahal rencana sekuel film ini sudah ada di dalam agenda Warner Bros.

Sekuel film ini bahkan sudah memiliki judul, yaitu Batman Unchained. Dalam sekuel ini rencananya mereka akan menampilkan Scarecrow sebagai antagonis utama dengan George Clooney kembali berperan sebagai Batman

Namun George Clooney memutuskan bahwa ia selesai dengan Batman setelah film Batman & Robin mendapatkan banyak kritik keras, dan akhirnya sekuelnya pun dibatalkan.

Warner Bros kemudian menunjuk Christopher Nolan untuk sepenuhnya me-reboot film Batman, yang akhirnya menghasilkan trilogi Batman yang diterima baik oleh penggemar maupun kiritikus.

(Visited 38 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.