Sat. Sep 19th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Guru IPA Belum Tahu, Inilah 5 Hal Misterius Dari Inti Bumi

3 min read
Sharing is Caring

Inti Bumi merupakan tempat yang paling misterius di planet kita karena kita secara fisik belum pernah kesana. Kita memiliki banyak informasi yang berkaitan dengan Inti Bumi, dan sejumlah dokumentasi ilmiah telah ditulis mengenai konsep yang berkaitan dengan inti Bumi.

Dalam daftar kali ini ada beberapa fakta, ide, dan kesalahpahaman mengenai inti Bumi yang mungkin belum pernah kamu ketahui.

5. Seberapa besar ukuran inti Bumi?

Ketika kita membayangkan lapisan Bumi, intinya adalah bagian terkecil dan terletak paling dalam. Pemikiran seperti ini dapat menyebabkan beberapa kesalahpahaman bahwa inti Bumi sebenarnya kecil.

Faktanya, inti Bumi hampir seukuran Bulan. Diameter kelilingnya sekitar 2.440 kilometer (1.516 mil). Inti Bumi juga merupakan 19 persen dari total volume Bumi.

Sangat masuk akal apabila inti Bumi sebesar Bulan karena dengan ukuran seperti inilah kita masih tetap berada di atas tanah dan tidak melayang ke angkasa.

Baca juga  Jawaban Dibalik Misteri Jenglot yang Mengerikan

4. Inti Bumi terdiri dari apa?

Inti terdiri dari banyak elemen yang bereaksi bersamaan untuk membuat inti Bumi sangat panas. Inti Bumi terdiri dari dua bagian: inti dalam dan inti luar. Inti bagian dalamnya padat dan terbuat dari besi (menurut NASA). Itu juga bagian terpanas dari planet kita.

Inti luar cair mengelilingi inti bagian dalam dan terdiri dari paduan besi-nikel. Sangat menarik untuk berpikir bahwa lapisan planet kita sebenarnya terbuat dari cairan

3. Mengapa inti Bumi begitu panas?

Kita tahu sekarang bahwa ada dua lapisan pada inti Bumi. Inti Bumi adalah bagian terpanas dari planet kita: Salah satunya adalah besi padat, dan yang lainnya adalah cairan. Hebatnya, pusat Bumi dapat mencapai suhu hingga 6.000 derajat Celcius (10.800 ° F).

Tapi mengapa intinya begitu panas?

Pertama, banyak peluruhan radioaktif sedang terjadi. Peluruhan radioaktif ini juga bertanggung jawab untuk pergeseran lempeng benua di kerak Bumi. Selanjutnya, panas dihasilkan dari penarikan Bumi dan Bulan pada satu sama lain. Gaya gravitasi ini selalu menarik satu sama lain. Akhirnya, sebagian dari panas itu tersisa dari formasi Bumi.

Baca juga  5 Tempat Terpencil Paling Misterius di Dunia

2. Melindungi dari matahari

Bumi memiliki banyak kekuatan yang bekerja bersama untuk melindungi kita dari panas dan cahaya matahari yang berlebihan. Tanpa Matahari, kamu tidak akan pernah membaca artikel ini. Namun, tanpa Bumi yang memiliki kekuatan untuk melindungi kita, planet kita akan terlihat kering seperti Mars.

Inti memainkan peran besar dalam menjaga kita tetap aman. Cairan di dalamnya menciptakan medan geomagnetik yang berinteraksi dengan medan magnet antarplanet yang dihasilkan oleh Matahari. Interaksi itu menciptakan magnetosfer, yang memanjang dari Bumi ke ruang angkasa. Lapisan ini melindungi kita dari angin Matahari.

Tanpa magnetosfer, kita tidak akan aman dari sinar mematikan ini. Faktanya, Bumi seperti yang kita tahu tidak akan ada. Uniknya bukan lapisan luar Bumi yang melindungi Bumi, justru bagian inti Bumilah yang bertanggung jawab pada kelangsungan hidup di Bumi.

Baca juga  4 Misteri Sejarah yang Belum Terpecahkan, No 1 dan 2 Dibuat Alien?

1. Teori Bumi Berongga

Alih-alih mempercayai fakta tentang inti bumi yang telah kita diskusikan, para ahli teori Bumi berongga berpikir bahwa Bumi itu hampa dan rumah bagi peradaban lain. Mereka percaya bahwa orang-orang ini didorong ke pusat Bumi karena perang terhadap makhluk penguasa kerak bumi. Juga diyakini bahwa peradaban yang hidup di pusat Bumi ini lebih maju dari kita sekarang.

Teori konspirasi ini telah ada selama ratusan tahun di banyak kebudayaan. Teori Bumi Berongga percaya bahwa UFO sebenarnya diciptakan oleh peradaban yang hidup di pusat planet kita dan bukan oleh bentuk kehidupan lainnya.

Meskipun tidak ada gunanya teori ini, itu sangat menarik. Seberapa kerennya jika ada peradaban yang nyata yang hidup di pusat Bumi kita?

(Visited 38 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.