Sat. Dec 5th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

5 Planet Aneh yang Bikin Geleng Kepala

2 min read
Sharing is Caring

Planet adalah objek astronomis yang mengorbit bintang pada sistem tata surya tertentu. Tata surya kita sendiri memiliki beberapa planet yang sama-sama mengorbit Matahari. Jauh di gelapan alam semesta terdapat miliaran tata surya yang tidak pernah kita jumpai secara langsung. Di dalam tata surya tersebut terdapat planet-planet yang tidak pernah terbayang di benak kita sebelumnya. Berikut adalah 5 planet paling aneh di alam semesta.

5. Planet GJ1214b (Planet Dunia Air)

Planet GJ1214b adalah planet yang ukurannya 3 kali lebih besar dibandingkan dengan Bumi. Planet ini terletak 42 tahun cahaya dari tata surya kita. Sekitar 10% masa dari planet ini berasal dari air yang menutupi seluruh permukaan planet tersebut. Planet ini disebut sebagai dunia air karena seluruh permukaannya ditutupi lautan yang dalamnya mencapai 1.600 km. Jika kamu mencoba membayangkan, hal apakah yang berada di laut dengan kedalaman dan ukuran tersebut.

Baca juga  Jamur Berbahaya Ini Tumbuh Di Tempat Tak Terduga

4. PSRJ1719-1438b (Planet Yang Terbuat Dari Berlian)

Planet yang satu ini akan membuat kamu kaya seumur hidup jika kamu berhasil menginjakan kaki dan pulang kembali dari planet tersebut. Planet PSRJ1719-1438b terletak 4.000 tahun cahaya dari tata surya kita. Planet ini terbentuk dari dan dalam kondisi tekanan gravitasi yang cukup tinggi. Sehingga membuat karbon-karbon tersebut memadat dan berubah menjadi bongkahan berlian raksasa. Planet ini mengorbit bintang pulsar yang sebelumnya adalah bintang mati.

3. TrES-2b (Planet Paling Gelap di Alam Semesta)

Planet TrES-2b adalah eksoplanet paling gelap yang pernah ditemukan di alam semesta. Planet ini hanya merefleksikan kurang dari 1% cahaya bintangnya. Warna dari planet ini lebih gelap dibandingkan dengan warna batu bara. Planet ini terletak 750 tahun cahaya dari tata surya kita. Planet ini sangat-sangat gelap hingga kita mampu berspekulasi misteri apakah yang terdapat di dalam planet ini.

Baca juga  Misteri dan Hal Mengerikan Di Luar Angkasa

2. HD 189733b (Planet Yang Dihujani Serpihan Kaca)

Salah satu hasil eksplorasi luar angkasa paling menakjubkan adalah penemuan dari planet ini. Bagaimana tidak, planet ini memiliki hujan yang tidak wajar. Hujan yang biasanya kita rasakan adalah hujan air, planet ini memiliki hujan yang terbuat dari serpihan kaca. Yang lebih aneh lagi adalah karena planet ini memiliki angin yang bertiup dalam kecepatan 8.700 km per jam, hujan yang seharusnya turun dari atas, berbalik menjadi menyamping. Bayangkan ketika kamu menginjakan kaki di planet ini, secara langsung kamu akan diserbu oleh kaca-kaca yang berterbangan dari sampingmu.

1.CoRoT-7b (Planet Dengan Hujan Batu Panas)

Pada umumnya, hujan yang kita rasakan adalah hujan air. Planet ini memiliki hal lain, hujan yang turun di planet ini adalah batu-batu panas yang bisa membunuhmu dalam sekejap. Planet ini memiliki rotasi yang terkunci sehingga sebagian planet ini selalu menghadap ke bintang yang diorbitnya. Permukaan tersebut memiliki suhu 2.200 derajat celcius. Sedangkan di sisi lainnya planet tersebut bertemperatur -210 derajat celsius. Lava yang menutupi planet tersebut menguap bagaikan sebuah air dan mengepul menjadi awan, sehingga suatu saat akan turun bagaikan hujan.

Baca juga  5 Virus Mematikan yang Datang dari Luar Angkasa
(Visited 21 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.