Sat. Sep 19th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

5 Hal Tentang Waktu yang Tak Banyak Diketahui

2 min read
Sharing is Caring

Waktu ada di mana-mana mencakup semua yang kita lakukan, merangkum keberadaan kita dan semua yang kita tahu. Waktu adalah kemajuan tanpa batas yang tak terbatas.

Waktu Linear

Garis lurus adalah waktu linier, representasi tentang cara kerja waktu. Dalam waktu linier, setiap momen berganti dan melebur menuju detik berikutnya. Secara alami ini adalah cara kita memandang waktu yang bergerak dalam satu arah, dari masa lalu ke masa depan.

Waktu Sirkular

Gambaran waktu yang melingkar adalah kerangka waktu yang berulang, biasanya rutinitas yang dapat diprediksi, seperti jam yang berputar tanpa batas, selalu kembali ke angka yang sama. Konsep waktu yang melingkar berasal dari filsafat Ibrani kuno. Karena waktu melingkar menurut Ibrani kuno, maka waktu tak ada habisnya.

Baca juga  Kisah Nyata dibalik Film Horror Jepang

Durasi sesungguhnya

Bagi Filsuf Henri Bergson durasi nyata adalah “waktu hidup” kita atau waktu yang kita alami dari dalam dan interpretasi kita tentang itu, yang bisa sangat berbeda dari waktu yang kita lihat secara objektif yang diukur oleh ilmu-ilmu fisika. Tidak seperti waktu linear atau melingkar, yang selalu sama dalam kualitas dan pengalaman, durasi sebenarnya adalah bagaimana kita mengalami waktu dari dalam pandangan dunia individu kita.

Temporalitas

Temporalitas adalah konsep filosofis lain yang berkaitan dengan waktu. Temporalitas adalah studi filosofis tentang masa lalu, sekarang, dan masa depan, dan apa artinya bagi kita menjalani kehidupan. Temporalitas adalah efek nyata dari waktu, seperti pisang berubah dari keadaan tidak matang menjadi matang, menjadi busuk, atau bagaimana tubuh perlahan terurai selama serangkaian hari, minggu, bulan, dan tahun.

Baca juga  Akhirnya, 6 Misteri Ini Terungkap Oleh Ilmuwan

Relationism

Relationisme adalah konsep waktu yang telah ada sejak lama. Ini adalah setengah dari dikotomi antara relasionisme dan absolutisme (kadang-kadang juga disebut sebagai substansialisme), yang telah menjadi perdebatan berkelanjutan dalam bidang filsafat dan sains. Relationism berpendapat bahwa waktu tidak dapat eksis di luar dari perubahan peristiwa dan gerakan benda-benda yang melintasi waktu yang membentuk pembukaan waktu sebagaimana alam semesta mengalaminya.

(Visited 17 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.