Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Waduh! Padahal Enak, Ternyata Makanan Ini Bisa Picu Kanker!

2 min read
Sharing is Caring

Kopi17an – Banyak sekali yang sudah jadi korban penyakit kanker. Tak heran, kanker jadi salah satu penyakit yang ditakuti banyak orang.

Dilansir dari jawapos.com (18/06/19), pola makan yang buruk menjadi salah satu faktor risiko yang bisa memicu kanker. “Pola makan dapat memainkan peran penting dalam risiko kanker, terutama ketika melihat gaya hidup secara keseluruhan,” kata Ahli Gizi Klinis Senior dan Spesialis di Dana-Farber Cancer Institute, Stacy Kennedy, RD.

Ada beberapa jenis makanan yang meski rasanya enak tapi jika dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan kanker.

1. Daging olahan

Daging olahan seperti sosis, bakso, ham, bacon, menjadi alternatif menu untuk mereka yang sibuk. Tinggal digoreng jadi deh panganan sedap.

Namun hati-hati buat kamu yang hobi banget makan daging olahan. Berdasarkan penelitian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2015 ditemukan bahwa berlebihan konsumsi daging olahan bisa menyebabkan kanker. Diduga hal ini disebabkan reaksi senyawa natrium yang biasa dipakai untuk pengawet dengan senyawa amina dalam daging bersifat karsinogenik.

Baca juga  Cewek Wajib Tahu, Ini 5 Gejala Rahim Kamu Mulai Turun

2. Daging merah

Penelitian yang sama yang telah dilakukan WHO juga menemukan bahwa kebanyakan konsumsi daging merah seperti sapi, kambing, atau babi bisa meningkatkan risiko kanker kolorektal atau kanker usus.

3. Makanan Kalengan

Makanan kalengan memang sangat memudahkan untuk dimasak. Namun keseringan konsumsi makanan kaleng berdasarkan studi yang dimuat dalam Journal of Environmental Research bisa meningkatkan risiko terkena kanker payudara, prostat, serta kanker ovarium.

Ada makanan favoritmu dari daftar diatas? Mulai saat ini dikurangi ya supaya bisa mencegah kanker.

(Visited 11 times, 1 visits today)