Mon. Dec 9th, 2019

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Partai Ramai-ramai Dukung Jokowi, PKS Jadi Oposisi Tunggal

1 min read
PKS Jadi Oposisi

PKS Jadi Oposisi

Sharing is Caring

Pasca pemilu 2019, terjadi perubahan yang luar biasa di konstelasi perpolitikan Indonesia. Partai yang semula bertentangan dengan Jokowi akhirnya beramai-ramai menyeberang ke kubu petahan tersebut.

Gejala ini sebenarnya mulai terlihat ketika Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan putusan resmi hasil pilpres 2019. Partai Demokrat yang paling awal menunjukkan gelagat merapat ke kubu Jokowi.

Penolakan gugatan Prabowo-Sandi di Mahkamah Konstitusi semakin menguatkan sinyal Demokrat untuk hengkang dari Koalisi Adil Makmur, apalagi setelah pertemuan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan Jokowi.

Kini, Demokrat dengan tegas menyatakan mendukung Jokowi meski tak dapat jatah kursi pemerintahan.

“Untuk Demokrat saya kira bukan masalah menteri atau tidak menteri. Tapi ketika kita sudah menyatakan kita bersama pemerintah apapun keputusan pemerintah akan kita hargai khususnya presiden Jokowi selaku presiden terpilih ya hak prerogatif presiden,” ujar Waketum Demokrat Nurhayati Ali Assegaf.

Baca juga  Titiek Soeharto mendesak Prabowo dan Amien Rais segera menjemput Habib Rizieq Syihab

Hal senada disampaikan Partai Amanant Nasional (PAN) yang juga sudah menyatakan mendukung Jokowi tanpa syarat. Hal ini disampaikan oleh Ketum PAn Zulkifli Hasan.

“Kita pokoknya mendukung Pak Jokowi. Enggak ada syarat-syarat, enggak minta apa-apa,” ujar Zulkifli Hasan seperti dilansir dari jitunews.com (15/8/2019).

Selain dua partai di atas, sinyal Gerindra merapat ke istana juga kuat. Jika hal ini terjadi, otomatis PKS akan menjadi oposisi tunggal di pemerintahan kali ini.

(Visited 5 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.