Sat. Aug 8th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

8 Hal Yang Janggal Tentang Saudi Arabia Dari Kacamata Orang Barat

2 min read
Sharing is Caring

Seorang kawan yang kebetulan orang Barat dan bukan muslim pernah berkomentar tentang Kota Mekkah dan Saudi Arabia. Menurutnya Saudi Arabia adalah negeri yang paling aneh dan kontroversial di Timur Tengah. Meskipun dunia Barat memperlakukannya sebagai sekutu, tapi bisa dilihat jika beberapa kaidah hak asasi manusia sering dilanggar disana, terutama yang menyangkut hak-hak wanita. Tapi begitulah negaranya, dan itulah budaya yang berlaku di negaranya.

Beberapa hal yang janggal menurut pemahaman orang Barat itu dapat dilihat disini, seperti dilansir oleh brainberries.com, Agustus 2019.

1.Mekah dan Madinah adalah kota-kota suci Islam, sehingga warga non-muslim tidak boleh menginjakkan kakinya di kedua kota itu.

Ketentuan ini adalah masalah syariah yang menyangkut ketentuan dalam hukum islam. Dalil dari aturan tersebut tercantum jelas dalam Al-Quran surat At-Taubah ay. 28.

Baca juga  5 Fakta Tentang Binatang yang Bikin Terkejut

Untuk kedua kota ini prioritas kedatangan turis adalah untuk melakukan ibadah haji dan umrah. Sementara untuk keperluan administrasi dan pemerintahan bisa dilakukan di kota-kota lainnya termasuk ibukota Ryadh.

2.Membawa dan minum alkohol di Saudi Arabia bisa mendapat masalah. Dapat hukuman cambuk juga. Hukuman cambuk di Negeri Ini sebenarnya termasuk hukuman ringan yang tujuannya membuat jera pelakunya. Hal ini adalah hukum syariah.

3. Homoseksualitas, dan termasuk memperagakan secara berlebihan keyakinan agama lain yang sifatnya non-muslim, bisa mendapat lebih banyak cambukan bahkan hukuman mati.

4. Pemisahan berdasarkan jenis kelamin (segregasi) di tempat umum, dianggap hal yang konyol bagi orang Barat. Sebagai contohnya hal yang janggal itu misalnya: jika kamu seorang lelaki dan bertemu seorang wanita di jalanan, jangan coba-coba mendampinginya dan menemaninya berjalan. Pokoknya harus cari jalan yang berbeda.

Baca juga  8 Karakter Anime yang Memiliki Kekuatan Mata

5. Privasi personal itu sangat dihargai di Saudi Arabia. Jadi jangan coba-coba mengarahkan kamera kepada seorang wanita. Harus minta ijin terlebih dahulu, kalau tidak bisa dilaporkan polisi.

6. Hukuman mati masih diberlakukan di Arab Saudi. Hukuman mati yang umum dilakukan adalah hukum pancung. Di tahun 2013 saja 69 orang kehilangan kepalanya. Tapi saat ini menjadi algojo pemenggal kepala itu bukan lagi profesi yang punya prestise. Sehingga kemungkinan akan dicari alternative lain untuk hukuman mati, mungkin dengan regu tembak?

7. Di Saudi Arabia segala bentuk ilmu sihir, tenung dan santet sangat diharamkan. Para pelaku (dukun) yang menguasai ilmu tersebut dan menggunakannya untuk tujuan jahat dapat dihukum mati.

Baca juga  Oknum Ustadz Halalkan Sabu, Alasannya Mengejutkan

8. Tapi negeri ini juga membangun gedung pencakar langit tertinggi di dunia. Kingdom Tower, akan dibangun Pantai Saudi Arabia dimulai pada 2018. Tingginya akan mencapai lebih dari 1 kilometer (3280 ft). Gedung tersebut akan berisikan hotel, fasilitas pengamatan dan perkantoran. Didalamnya juga termasuk sejumlah penthouse apartemen yang luar biasa mahal harganya.

(Visited 32 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.