Wed. Oct 28th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

5 Misteri Kehidupan Sehari-hari Manusia

5 min read
Sharing is Caring

Di zaman yang sudah serba canggih ini beberapa hal yang kita tidak ketahui akan dengan mudah ditemukan jawabannya dalam sebuah buku atau cukup mencarinya di Internet.

Akan tetapi ada beberapa hal dalam kehidupan kita sehari-hari yang belum kita ketahui, bahkan para ilmuwan masih bingung untuk memberikan penjelasan. Berikut beberapa diantaranya, apakah kamu memiliki penjelasannya?

5. Mengapa ngengat tertarik dengan cahaya?

Kita semua pernah menyaksikan beberapa ekor ngengat terbang mengerumuni lampu rumah, dan kemungkinan besar kita tidak pernah benar-benar memikirkan hal itu.

Serangga, terutama ngengat, tertarik pada cahaya, tetapi mengapa? Ada beberapa teori berbeda tentang mengapa ngengat tertarik pada cahaya, tetapi tidak ada satu pun yang cukup kredibel. Bahkan, ada argumen yang cukup meyakinkan terhadap mereka semua.

Satu teori menunjukkan bahwa hanya lampu buatan manusia yang menarik serangga. Tampaknya, ada sesuatu yang berbeda pada cahaya buatan manusia yang mengganggu kemampuan serangga untuk bernavigasi, tetapi kita bahkan tidak tahu apakah serangga menggunakan cahaya sebagai bantuan navigasi. Tetapi tidak ada yang benar-benar mendukung teori itu.

Para peneliti telah menemukan bahwa itu adalah perilaku serangga yang cukup aneh, khususnya karena perilaku ini hampir dimiliki berbagai spesies, setidaknya dari perilaku aneh ini, perusahaan pembasmi serangga berhasil menciptakan jebakan serangga menggunakan cahaya.


4 Apa itu busa?

Referensi pihak ketiga

Setiap kali Kamu mencuci piring atau membasahi tangan dengan sabun, Kamu menciptakan salah satu senyawa rumah tangga yang paling misterius: busa. Busa tidak diklasifikasikan sebagai benda padat, gas, atau cair, tetapi ketiga-tiganya pada saat yang sama.

Zat-zat yang berbeda membentuk berbagai jenis busa yang semuanya tampak bekerja secara berbeda. Tidak banyak yang benar-benar diketahui tentang fisika dari bentuk-bentuk kohesi aneh zat ini atau bagaimana kita dapat memprediksi jenis busa apa yang akan terbentuk dari jenis zat apa.

Baca juga  Peta Abad Ke-16 Ungkap Keanehan Di Antartika

Sebagian besar busa terdiri terutama dari gas di antara dinding cairan, tetapi tidak ada rumus matematis untuk menemukan bagaimana busa akan berperilaku. Beberapa busa kaku, seperti busa cukur, sementara yang lain halus, seperti gelembung sabun. Ukuran gelembung tampaknya tidak berdampak pada bagaimana busa berperilaku. Alasan mengapa kita belum bisa belajar banyak tentang busa adalah hal yang aneh.

Gelembung busa pada dasarnya berbentuk aneh. Titik kritis busa, yang didefinisikan sebagai saat ketika semua gelembung dalam busa sempurna bulat, tidak mungkin dicapai di Bumi karena gravitasi.

Gravitasi menarik gelembung busa ke bawah, dan dampaknya sangat besar sehingga bahkan dalam lapisan busa hanya beberapa sentimeter tebal, ada perbedaan yang pasti antara bentuk gelembung di bagian bawah dan atas.

3. Dari mana anjing berasal?

Anjing adalah salah satu hewan peliharaan manusia, bahkan mereka sering dianggap sebagai sahabat manusia. Tapi kita tidak tahu bagaimana awalnya anjing bisa dipelihara, bagaimana prosesnya mengubah hewan liar menjadi hewan peliharaan, atau kapan tepatnya pertama kali anjing pelihara itu ada.

Studi pada subjek telah terbukti sangat tidak meyakinkan, dengan perkiraan untuk domestikasi pertama mulai dari 9.000 hingga 34.000 tahun yang lalu. Bukan hanya karena kesenjangan yang besar, tetapi juga meninggalkan banyak pertanyaan yang tidak terjawab tentang bagaimana itu terjadi.

Anjing di ujung paling jauh dari skala itu akan dikaitkan dengan kelompok pemburu-pengumpul, sementara contoh-contoh domestikasi yang lebih baru akan terjadi ketika ras manusia telah menemukan pertanian dan menetap dalam gaya hidup yang lebih menetap.

Para peneliti dari Universitas Turku telah mengisolasi DNA dari beberapa sahabat anjing manusia awal dengan beberapa implikasi mengejutkan. Beberapa sampel DNA tertua diambil dari anjing yang hidup berdampingan dengan manusia sekitar 33.000 tahun yang lalu dan ditelusuri ke anjing yang hidup di Greenland sekitar 1.000 tahun yang lalu.

Baca juga  4 Mitos yang Dipercayai Dipenjuru Dunia

Tetapi DNA khusus ini tampaknya tidak berhubungan dengan anjing masa kini, dan sekarang disarankan bahwa beberapa “anjing” yang didomestikasi selama ribuan tahun tidak sama dengan anjing saat ini dan sebaliknya adalah sejenis spesies saudara perempuan. Anjing purba telah ditemukan di Eropa, Timur Tengah, dan Asia, tetapi masih belum diketahui apakah gagasan domestikasi menyebar dari satu area ke area lain atau terjadi secara independen di semua area. Jika ya, tidak diketahui siapa yang pertama kali menjinakkan anjing zaman dulu.

2. Apakah virus itu hidup?

Sejak para ilmuwan sadar akan keberadaan virus, mereka tidak berhasil menentukan apakah virus itu hidup atau sebaliknya. Awalnya, virus dianggap hidup. Para ilmuwan yang menemukan virus melihat mereka sebagai organisme yang dapat menyebar dan berkembang biak, menunjukkan bahwa mereka sangat jelas hidup.

Namun, pada 1930-an, para peneliti dari Universitas Rockefeller akhirnya bisa melihat apa yang terjadi di dalam virus. Karena tidak memiliki fungsi metabolisme apa pun, mereka memutuskan bahwa virus tidak hidup.

Tetapi ini tidak jelas, karena penelitian lebih lanjut oleh tim yang sama menemukan bahwa virus juga menunjukkan salah satu komponen kunci kehidupan: reproduksi. VIrus dapat membuat keturunannya dan melakukan reaksi kimia dan membuat protein bagi dirinya sendiri.

Virus juga telah dikenal berubah seiring waktu, berevolusi, dan melanjutkan proses seperti memperbaiki kerusakan yang terjadi pada mereka. Semua ini tampaknya menunjukkan bahwa mereka hidup, kecuali organisme yang tidak hidup juga mampu berevolusi, yang sepertinya merupakan hal yang sangat aneh bahkan walau sekedar teori saja.

Baca juga  5 Teori Konspirasi Gila Tentang Chernobyl

Virus juga tidak dapat melanjutkan proses “kehidupan” di luar inang mereka yang hidup, Dengan kata lain kehidupan mereka sangat bergantung pada kehidupan organisme lain. Diluar itu mereka akan mati.

1. Mengapa kita menua?

Setiap hari kita berurusan dengan masalah penuaan, secara bertahap. Setiap spesies yang hidup akan mengalami penuaan, tetapi kita tidak tahu apa yang sebenarnya menyebabkan proses penuaan ini.

Kita tahu apa yang terjadi pada sel ketika mereka menua: Otot kehilangan massa, jaringan menjadi lebih atau kurang kaku, jaringan ikat kaku, dan sel-sel baru menjadi kurang dan kurang efisien dalam menyerap nutrisi dan membuang limbah. Ilmuwan masih tidak tahu mengapa.

Ada beberapa teori berbeda tentang mengapa sel menua seperti yang mereka lakukan, termasuk gagasan bahwa proses penuaan adalah produk sampingan dari bahan limbah tubuh, atau itu karena kerusakan yang dilakukan oleh faktor eksternal seperti sinar ultraviolet. Juga ada teori yang menyatakan bahwa kami secara genetis seluruh spesies diprogram untuk menua, dan seberapa cepat proses penuaan terjadi, tidak ada hubungannya dengan faktor eksternal.

Yang lebih aneh lagi adalah pertanyaan mengapa kita menua pada tingkat yang berbeda. Melihat pola metilasi sel memberikan indikasi berapa lama mereka, dan semua sel kita menua pada tingkat yang berbeda. Jaringan payudara wanita, misalnya, menunjukkan pola dan perubahan yang menunjukkan penuaan sekitar tiga tahun lebih tua dari usia kalender seseorang.

Di sisi lain ada sel-sel jantung, yang proses penuaannya lebih lambat dan bisa benar-benar diuji sebagai beberapa tahun lebih muda daripada tubuh secara keseluruhan. Mengapa proses penuaan masing-masing anggota tubuh berbeda-beda, masih tidak diketahui apa paneyebabnya.

(Visited 101 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.