Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

5 Fakta Mengejutkan Mengenai Planet Mars

2 min read
Sharing is Caring

Planet mars merupakan planet terdekat dengan bumi. Maka dari itu banyak yang menyebutnya planet tetangga. Tidak hanya itu, planet mars juga merupakan planet yang sering menjadi bahan observasi oleh para ilmuwan. Pasalnya para ilmuwan menganggap planet mars sebagai planet yang memiliki potensi untuk bisa ditinggali manusia. Planet ini juga disebut sebagai planet merah karena warnanya merah tentunya. Warna merah ini disebabkan oleh senyawa besi oksidan yang terdapat di permukaan planet.

Dilansir dari bicara.co.id (9/8/2019) ada fakta-fakta rahasia planet mars yang perlu kita tahu, yakni sebagai berikut :

1. Hari yang panjang

Pergantian tahun di planet mars terhitung sangat lama. Tentunya ini sudah tidak membuat kita terkejut, mengingat letak planet mars berada pada urutan keempat di tata surya setelah planet bumi. Jadi jarak matahari ke planet mars lebih jauh dibandingkan dengan jarak matahari ke bumi. Jarak mars ke matahari sekitar 142 juta kilometer, sedangkan bumi berjarak 93 juta kilometer saja dari matahari. Inilah yang menyebabkan bumi membutuhkan waktu sekitar 365 hari untuk berevolusi atau berganti tahun. Dan planet mars membutuhkan waktu sekitar 687 hari untuk berevolusi.

Baca juga  Peneliti Temukan Bukti Venus Pernah 'Dihuni'

2. Ukuran planet mars

Ukuran planet mars ternyata lebih kecil dari bumi berkisar 1 : 2 dari bumi. Jadi ukuran bumi lebih besar 2 kali lipat dari planet mars. Jika diukur berdasarkan diameter bumi memilii diameter 12.742 kilometer, sedangkan diameter planet mars sebesar 6.779 kilometer.

3. Planet mars lebih dingin

Walaupun planet mars berwarna merah, ternyata planet ini lebih dingin daripada bumi. Jika suhu normal bumi di negara kita saat ini adalah 30 derajat celcius, ini adalah suhu ternyaman di bumi. Sedangkan suhu rata-rata bumi secara keseluruhan sekitar 14 derajat celcius. Perbandingan yang sangat jauh jika dibandingkan dengan suhu mars yang mencapai -63 derajat celcius.

Baca juga  Inilah 5 Artis Cantik Indonesia yang Ternyata Keturunan Pahlawan Nasional

4. Atmosfer yang berbahaya

Seperti yang kita tahu atmosfer di bumi terbuat dari nitrogen, oksigen dan unsur senyawa lainnya. Sedangkan atmosfer di planet mars terbuat dari karbondioksia serta argon dan sedikit nitrogen. Maka dari itu atmosfer di bumi lebih bersahabat daripada planet mars. Bayangkan saja bernafas di planet mars diibaratkan seperti menghirup asap knalpot setiap hari.

5. Pemandangan yang indah

Rahasia lain dari planet tetangga ini adalah mars memiliki sebuah pemandangan yang indah. Adanya gunung, lembah, ngarai yang sama dengan di bumi membuat para ilmuwan meneliti pemandangan tersebut berdasarkan versi mars.

(Visited 13 times, 1 visits today)