Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Sering Di Buang! Ternyata Bagian Kelapa Ini Mengandung 7 Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh

2 min read
Sharing is Caring

Sebagian dari kita sepertinya masih asing dengan nama kentos atau tobong kelapa terlebih untuk masyarakat perkotaan. Kentos adalah embrio buah kelapa yang terdapat di bagian buah kelapa tua yang menandakan buah kelapa tua itu hampir tumbuh.

Berbeda dari masyarakat perkotaan, masyarakat desa sebagian besar tau dengan kentos kelapa tersebut, hanya saja penyebutannya yang berbeda-beda di setiap daerah masing-masing.

Kentos pada umumnya lebih sering di buang dan tidak di manfaatkan, padahal kentos tersebut memiliki rasa yang manis yang dapat di makan begitu saja, bisa diolah menjadi sayuran kentos bahkan memiliki khasiat yang dipercaya menyehatkan!

Meski belum banyak ajaran ilmiah yang membahas tentang kandungan dan manfaat kentos kelapa ini. Namun telah dipercaya di masyarakat dan dianggap sebagai salah satu makanan yang selain enak juga menyehatkan. Berikut beberapa 6 manfaat kentos kelapa bagi kesehatan tubuh.

Baca juga  5 Fakta Aneh Dan Mengejutkan Mengenai Operasi

1. Meningkatkan kinerja otak

Kandungan omega 3 yang terdapat di dalam kandungan kentos, merupakan nutrisi penting untuk kesehatan dan pertumbuhan otak, terutama untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Asam lemak omega 3 tidak diproduksi oleh tubuh sehingga untuk mendapatkan asam lemak omega 3 anda harus mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3.

2. Mencegah anemia

Selain mengandung omega 3 kentos kelapa juga mengandung zat besi yang dapat mengatasi kekurangan darah atau anemia karena zat besi merupaka salahsatu komponen utama dalam bahan pembentukan trombosit.

3. Menjaga kesehatan mata

Kandungan kentos juga mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan kulit kita. Dewasa ini, hampir semua orang sudah memiliki HP yang dapat merusak kesehatan mata, oleh karena itu asupan tambahan vitamin A bagi tubuh mutlak dibutuhkan. Kentos kelapa bisa menjadi alternatif.

Baca juga  5 Manfaat Rokok Bagi Kesehatan Manusia

4. Mencegah penyakit liver

Kentos dipercaya mengandung berbagai nutrisi yang jika di konsumsi secara rutin, mampu meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan berbagai penyakit termaksuk virus dan bakteri penyebab penyakit liver yang juga mampu dihalau oleh kandungan dan khasiat dari kentos kelapa ini.

5. Mencegah penyakit jantung koroner

Kandungan asam lemak tak jenuh yang terdapat pada kentos kelapa, mampu mengatasi kolestrol jahat yang menyumbat pembulu darah, sehingga resiko penyakit jantung koroner akan lebih kecil kemungkinannya untuk menyerang.

6. Menguatkan tulang dan gigi

Kentos kelapa juga mengandung mineral dan fosfor yang tinggi, sehingga dipercaya mampu menguatkan tulang dan gigi bila di konsumsi secara teratur. Dengan ini kekeroposan tulang dan gigi memiliki resiko lebih kecil untuk datang di usia muda.

Baca juga  8 Film Tentang Sepakbola Paling Terkenal, Nomer 3 Paling Kocak!

7. Meningkatkan kinerja ginjal

Fosfor yang terkandung pada kentos kelapa juga dipercaya mampu meningkatakan kinerja ginjal sehingga siklus penyaringan racun pada darah menjadi optimal dan kembali mampu meminimalisir penyakit-penyakit yang mungkin muncul.

(Visited 20 times, 1 visits today)