Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Pilih Handphone Gaming atau Flagship? Baca ini dulu

2 min read
Sharing is Caring

Kopi17an – Trend gaming smartphone yang mulai menjamur secara global. Fenomena ini ditengarai oleh sangat besarnya pangsa pasar handphone gaming. Hal ini pernah dibahas oleh ASUS di acara perkenalan smartphone gaming terbarunya ROG Phone 2 beberapa waktu lalu. ASUS memperlihatkan data bahwa peminat Mobile Game sangatlah besar, bahkan melebihi peminat game PC dan konsol. Banyaknya pengguna handphone dibandingkan penguna PC dan konsol merupakan alasan yang paling masuk akal kenapa pasar mobile gaming sangat besar.

Hasil gambar untuk ROG Phone 2

Baru-baru ini gsmarena.com (10/08/2019) meluncurkan artikel yang cukup menarik. Artikel itu membahas apakah handphone gaming lebih baik dipakai untuk bermain mobile game atau cukup flagship saja? Apakah dalam performa bermain game, handphone gaming lebih unggul dari flagship? ataukah sama saja? Hal ini dikarenakan handphone gaming dan handphone flagship sama-sama menggunakan chipset terbaru yang spesifikasinya sama.

Nah, akhirnya gsm arena melakukan serangkaian tes menggunakan beberapa handphone gaming dan flagship. Tes pertama adalah dengan membandingkan skor antutu benchmark. Hasilnya, skor handphone gaming dan flagship yang menggunakan chipset yang sama memperoleh skor antutu yang tidak jauh beda. Skor antutu tidak harus menjadi pertimbangan utama dalam menilai kinerja suatu smartphone karena skor antutu masih dapat “diakali” oleh produsennya. Oleh karena itu tes dilanjutkan dengan melihat kinerja chipset bila dipakai secara terus-menerus dalam bermain game.

Baca juga  Smartphone Kamu Cepat Panas? Mungkin Ini Penyebabnya!

Tes Kedua adalah menguji performa chipset dengan thermal throttling. Thermal Throttling adalah keadaan dimana chipset/CPU akan secara otomatis menurunkan performa dengan mengurangi clock speed atau mematikan sejumlah core untuk mengurangi suhu panas berlebih yang dapat merusak hardware. Panas berlebih ini biasanya terjadi pada handphone apabila digunakan untuk memproses aplikasi berat secara terus-menerus dalam waktu yang lama (misalnya satu jam). Hasil tesnya cukup menarik. Handphone gaming ternyata dapat mempertahankan performa diatas 80% sehingga game tetap lancar tanpa lag. Sedangkan handphone flagship memiliki hasil yang berbeda-beda tergantung tuning atau setelan pabrikan masing-masing.

Tes ketiga adalah menguji GPU Throttling untuk melihat apakah akan ada penurunan FPS dalam bermain game dalam waktu yang lama. Tes dilakukan dengan menggunakan aplikasi GFX Bench. Hasilnya, handphone gaming memiliki FPS yang lebih stabil dibandingkan dibandingkan handphone flagship yang cenderung menurun.

Baca juga  Teknologi Canggih ini Ternyata Hanya Tipuan Belaka!

Sebagai kesimpulan, handphone gaming memiliki performa yang lebih baik dalam memainkan game walaupun harus berurusan dengan suhu panas yang berlebih apabila tidak dilengkapi dengan cooling sistem yang baik. Sedangkan handphone flagship memiliki hasil yang berbeda-beda. Ada yang memiliki performa tinggi tetapi suhu handphone lebih cepat panas atau yang performanya biasa saja tetapi suhu handphone tetap dingin.

(Visited 1 times, 1 visits today)