Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Ketua PA 212: NKRI Bersyariah Itu Cuma Istilah! Gus Sholah Menyatakan Menolak

1 min read
Gus Sholah Menolak

Gus Sholah Menolak

Sharing is Caring

Ketua Bidang Keumatan PA 212, ustaz Haikal Hassan menjelaskan bahwa NKRI bersyariah hanya sebuah istilah. Dia menegaskan salah satu rekomendasi Ijtimak Ulama IV itu tidak bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945.

“NKRI bersyariah, iya dong, masak nggak bersyariah. Hari ini kita sudah bersyariah. Ada bank syariah, pernikahan juga cara syariah. Itu cuma istilah. Jangan jadi mentang-mentang NKRI bersyariah terus Pancasila hilang gitu? Ya nggak. UUD ’45 hilang? Ya nggaklah. Itu istilah,” kata ustaz Haikal, seperti yang dilansir di detik.com (13/08/19).

Tokoh Kiai NU bersuara

Tokoh kiai NU, KH Salahudin Wahid (Gus Sholah) menyatakan menolak ‘istilah NKRI bersyariah’. Menurutnya, tanpa istilah itu, Indonesia sudah menjalankan syariah islam.

Baca juga  Ustaz Tengku: Jutaan Rakyat Indonesia Siap Menumpas Negara Penghancur NKRI

“Tidak ada istilah NKRI bersyariah. Syariah islam jalan kok di Indonesia tanpa rumusan NKRI bersyariah, tanpa istilah NKRI bersyariah. Jadi tidak perlu ada istilah itu,” kata Gus Sholah, seperti yang dilansir di detik.com (13/08/19).

Gus Sholah kemudian menyoroti sila pertama pada Pancasila yang dulu mencantumkan kata ‘syariah’, namun saat ini sudah dihapus.

“NKRI bersyariah itu tidak ada. Dulu sila pertama ‘Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya’. Kata itu kemudian dicoret, menjadi ‘Ketuhanan Yang Maha Esa’. Sekarang tidak ada,” tegas Gus Sholah, seperti yang dilansir di detik.com (13/08/19).

(Visited 10 times, 1 visits today)