Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

5 Kebiasaan Mengejutkan yang Bisa Bikin Kamu Gagal

3 min read
Sharing is Caring

Kesuksesan datang bukan dari kecerdasan seseorang dalam berpikir, tapi bagaimana hubungannya dengan orang lain disekitarnya serta hubungannya dengan dirinya sendiri.

Tidak banyak orang yang memahami bahwa tidak semua hubungan dengan orang lain harus berakhir positif, bahkan ada saatnya kita harus mengakhiri sebuah hubungan demi kebaikan diri kita sendiri.

Berikut ini adalah 5 kebiasaan buruk yang bisa bikin seseorang semakin jauh dari kesuksesan dalam mencapai tujuannya.

5 Ingin diterima semua orang

Apa yang terjadi : 

Kamu merasa tidak percaya diri dan berusaha mencari penerimaan dari orang disekitarmu. Kamu berusaha agar mendapatkan pujian oleh bos, rekan kerja, teman, dan keluargamu.

Jika kamu diterima maka kamu merasa sudah melakukan sesuatu yang “baik”. Apabila kamu tidak mendapatkan pujian seperti yang kamu harapkan, maka kamu merasa telah melakukan sesuatu yang “buruk.”

Apa yang harus kamu lakukan : 

Kamu harus memutuskan kalau kamu itu baik tanpa harus membuktkannya. Alih-alih mencari penerimaan dari orang lain, berusahalah untuk mencapai tujuanmu. 

Baca juga  Kesabaran Akan Berbuah Manis! 5 Zodiak ini Justru Sukses dan Kaya di Masa Tuanya

Berusahalah lebih keras pada pekerjaanmu, jaga kesehatan, mencari pasangan. Kepercayaan diri akan membuatmu dihargai orang lain dan kebutuhanmu untuk diterima orang lain akan menghilang seiring berjalannya waktu.

4 Tidak bisa berkata “TIDAK”

Apa yang terjadi : 

Kamu terlalu banyak menerima permintaan dan tugas dari orang lain sehingga kamu tidak punya kesempatan untuk melakukan apa yang kamu mau.

Menolong, memberikan saran, membelikan sesuatu, manjagakan barang, meminjamkan barang – semua hal kecil ini akan menghabiskan banyak waktu berhargamu.

Apa yang harus kamu lakukan : 

Buatlah pekerjaanmu menjadi prioritas utama. Jika seseorang berusaha mengatakan bahwa kamu hanya peduli dirimu sendiri dan tidak tahu terima kasih, kemungkinan besar mereka berusaha untuk memanipulasi secara emosional. 

Sebelum kamu membantu orang lain secara, tanyakan pada dirimu sendiri apakah orang ini berusaha untuk mendapatkan keuntungan dari sering kamu bantu.

3 Hanya pasrah dengan keadaan

Apa yang terjadi : 

Baca juga  Lagi, Setelah Fortuner Kini Brio Untuk Lamaran di Pati! Netizen Langsung Komentar Begini

Kamu tidak suka berdebat, mengajukan komplain, atau memperjuangkan hakmu sendiri.

Kamu merasa lebih mudah untuk menerima, bersabar dan diam, dan berusaha untuk menjadi orang yang baik dengan tidak terlibat dalam konflik. Alhasil kamu tidak melakukan apa saja dan orang lain tidak tahu apa yang kamu inginkan.

Apa yang harus kamu lakukan : 

Biarkanlah dirimu ikut berpendapat. Kamu tidak perlu berusaha untuk mencari dukungan orang lain yang lebih percaya diri daripada kamu agar pendapatmu didukung. 

Ketika kamu mengeluarkan pendapatmu secara terbuka, kamu telah menunjukan induvidualitasmu. Orang lain akan mulai memandangmu dan mempertimbangkan kembali pendapat yang kamu berikan.

2 Tidak membatasi diri

Posisimu saat ini selalu siap sedia untuk semua orang. Kamu selalu mengutamakan untuk membantu orang lain walapun orang tersebut berada ditempat yang jauh dan kamu juga rela membantu orang lain tanpa imbalan.

Ketika seseorang membutuhkan bantuanmu kamu tidak pernah menolak dan rela untuk meninggalkan pekerjaan begitu saja.

Baca juga  Inilah Kebiasaan Buruk India yang Bikin Dunia Terheran-Heran! Indonesia Tidak Boleh Tiru

Apa yang harus kamu lakukan : 

Berusahalah untuk lebih tegas pada dirimu dan jelaskan pada orang lain jika kamu memiliki keperluan tersendiri.

Apabila kamu diminta seseorang dan kamu sedang ada keperluan maka sebaiknya kamu jelaskan baik-baik. Kamu harus memprioritaskan urusanmu terlebih dahulu.

1 Menyalahkan diri sendiri atas kesalahan orang lain

Apa yang terjadi : 

Terkadang kamu pernah gagal mencapai ekspektasi orang lain. Sehingga orang tersebut menjadi marah, jengkel, sedih, kecewa, and emosi negatif lainnya yang membuatmu menjadi takut dan merasa bersalah.

Apa yang harus kamu lakukan : 

Sudah saatnya kamu meninggalkan kebiasaan menanggung perasaan orang lain.

Ketika kamu merasa sangat bersalah, pikirkanlah kembali apa yang telah dilakukan orang itu untuk menyelesaikan masalahnya sendiri? Mengapa mereka punya waktu untuk mengeluh dan menderita padahal masalah mereka belum terselesaikan?

(Visited 11 times, 1 visits today)