Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

5 Planet Paling Mematikan Di Tata Surya

2 min read
Sharing is Caring

Tidak seperti Bumi, setiap planet baru yang di temukan tidak cocok untuk kehidupan manusia. Planet-planet mematikan ini siap membunuh makhluk apa pun yang terlalu dekat atau mencoba mendekatinya.

HD 189733b

Pada tahun 2005, para astronom menemukan planet ekstrasurya berukuran seperti Jupiter, bernama HD 189733b. Planet ini berwarna biru mirip Bumi berjarak 63 tahun cahaya. Namun, tidak seperti Bumi, HD 189733b tidak berwarna biru karena lautan, sebaliknya, warnanya berasal dari awannya yang kaya silikat. HD 189733b juga mematikan. Angin bertiup 8.700 kilometer per jam melintasi planet ekstrasurya ini. Sebagai perbandingan, Badai Katrina yang terkenal bertiup pada kecepatan 280 kilometer per jam.

Baca juga  8 Film Tentang Sepakbola Paling Terkenal, Nomer 3 Paling Kocak!

CORoT-7b

Pada bulan Februari 2009, para astronom yang mengoperasikan satelit Convection, Rotation, dan Planetary Transit (CoRoT) menemukan sebuah planet ekstrasurya baru di konstelasi Monoceros yang berjarak 480 tahun cahaya dari Bumi. Mereka menyebutnya CoRoT-7b.CoRoT-7b. Ini adalah planet ekstrasurya yang seperti Bumi, meskipun panas seperti Saturnus. Planet besar ini dipenuhi gas dan atmosfernya dipenuhi dengan mineral yang membentuk awan batuan.

KELT-9b

Exoplanet KELT-9b adalah planet terpanas yang pernah di temukan. Suhu bintangnya sekitar 9.700 derajat Celcius (17.500 ° F), yang hampir dua kali suhu permukaan Matahari. Suhu siang hari di planet ekstrasurya itu berkisar sekitar 4.300 derajat Celcius, yang masih sangat panas.

Baca juga  Kembaran Aktor Nicolas Cage di Masa Lalu

WASP-121b

WASP-121b adalah salah satu planet ekstrasurya yang berbentuk aneh. Namun bentuknya yang aneh tidak membuat WASP-121b mematikan. Sebaliknya, masalahnya adalah kedekatan planet ekstrasurya itu dengan bintangnya. WSP-121b begitu dekat dengan bintangnya sehingga suhunya berkisar sekitar 2.540 derajat Celcius. Benda padat atau cair tidak dapat terbentuk di sana, semuanya tetap menjadi gas. Ini termasuk atmosfer logamnya, yang diisi dengan besi dan gas magnesium.

Upsilon Andromedae b

Upsilon Andromedae b adalah salah satu planet ekstrasurya aneh yang berputar di sekitar bintang Upsilon Andromedae A, yang berjarak 44 tahun cahaya dari Bumi. Planet ekstrasurya ini terlalu dekat dengan matahari, dan menyelesaikan orbit hanya dalam 4,6 hari. Satu sisi menghadap matahari secara permanen dengan panas yang luar biasa. Menariknya, area terpanas tidak menghadap bintang. Sebaliknya, itu adalah sisi yang tidak pernah menerima sinar matahari. Penemuan ini membingungkan para astronom.

Baca juga  Inilah 3 Planet yang Baru Ditemukan yang Mirip Seperti Bumi
(Visited 6 times, 1 visits today)