Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

5 Hal Mengejutkan yang Jangan Dilakukan Saat Perut Kosong

3 min read
Sharing is Caring

Setelah beraktivitas berat seharian pasti kita akan merasakan lapar. Menurut anjuran dokter, ada beberapa makanan dan aktivitas yang sebaiknya dihindari jika perut kita sedang kosong. Apa sajakah itu? Mari kita simak.

5. Minum Kopi

Meminum kopi saat perut kosong bukanlah pilihan yang tepat, karena kafein pada kopi dapat memicu produksi zat asam pada lambung berlebihan sehingga menyebabkan maag.

Apalagi jika kamu tidak pernah sarapan dan langsung minum kopi di tempat kerja, sudah bisa dipastikan kamu akan merasa suram seharian penuh, hal ini terjadi karena meminum kopi tanpa sarapan dapat menyebabkan kekurangan hormon serotonin (hormon yang mengatur rasa senang manusia)

Saran :

Jika kamu adalah orang yang tidak bisa meninggalkan rumah tanpa menyeruput kopi dipagi hari maka tambahkanlah susu atau krim. Lemak pada susu dapat mengurangi efek negatif dari kafein kopi.

Baca juga  4 Ciri Ciri Umum Pengguna atau Pecandu Narkoba

4. Permen karet

Cairan lambung yang dihasilkan saat kamu mengunyah permen karet dapat merusak dinding lambung yang sedang kosong.

Perman karet yang memiliki kadar gula tinggi dapat menyebabkan masalah pencernaan apabila dikonsumsi saat perut kosong. Bahkan sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang mengunyah permen karet lebih memilih junk food (kentang goreng, permen) daripada buah dan sayur.

Saran :

Permen karet yang mengandung pemanis alami seperti xylitol dan sorbitol lebih aman daripada permen karet yang mengandung gula, siklamat dan aspartam. Hindari mengunyah permen karet lebih dari 10 menit, walapun perutmu sedang penuh.

3. Berolahraga

Beberapa orang mengira bahwa berolahraga dengan perut kosong justru akan membakar lebih banyak kalori.

Faktanya bukan lemak yang semakin mengecil akan tetapi justru masa otot yang akan berkurang akbat kurangnya asupan energi yang diperlukan otot.

Baca juga  Makin Panas, Galih Ginanjar Sebut Hotman Paris Tukang Provokasi

Saran :

Gantilah olahraga yang intensif dengan latihan aerobik (senam pernafasan). Jika kamu punya masalah pencernaan seperti maag akut, cobalah untuk makan makanan ringan sebelum memulai berolahraga berat. Selain itu mulailah berolahraga dengan hal yang ringan terlebih dahulu seperti berjalan 10 menit.

2. Belanja

Tahukah kamu ketika seseorang lapar maka dia akan cenderung berbelanja bahan makanan daripada apa yang mereka sebenarnya butuhkan? Perut kosong menyebabkan seseorang menjadi lebih serakah walaupun dia tidak sedang di toko makanan.

Menurut penelitian yang di publikasi pada situs psmag.com (28/01/18) bahwa saat kita lapar, otak kita akan mengirimkan pesan keseluruh tubuh “aku ingin makan” akan tetapi tubuh hanya menangkap pesan “aku ingin” hal ini berakibat dia boros dalam berbelanja.

Baca juga  5 Makanan Sehari-Hari yang Dilarang di Negara Tertentu

Saran :

selain membuat daftar belanja, gunakanlah uang cash daripada kartu kredit ketika berbelanja. Sehingga kamu tidak akan boros dalam berbelanja. Penelitian lain juga menunjukan bahwa seseorang akan belanja lebih sedikit ketika mereka belanja dengan uang cash daripada menggunakan kartu kredit.

1. Berdebat

Penelitian menunjukan bahwa rasa lapar membuat seseorang menjadi kurang terstruktur pikirannya.

Hal ini terjadi karena pengendalian diri membutuhkan energi, apabila perut kosong, seseorang akan cenderung labil dan emosional.

Saran :

Jika kamu tidak punya waktu untuk makan sebelum rapat atau diskusi penting, minumlah sesuatu yang hangat seperti susu dan tawarkan juga pada lawan bicaramu. Hal ini akan membuat percakapan lebih baik.

(Visited 4 times, 1 visits today)