Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

4 Penyembuh Legendaris yang Mengubah Jalannya Sejarah

3 min read
Sharing is Caring

Kebanyakan orang telah mendengar tentang dokter terkemuka Hippocrates dan sumpahnya yang terkenal. Tetapi jauh lebih sedikit yang mengetahui Shennong, Avicenna, dan Andreas Vesalius – beberapa tokoh yang kurang dikenal karena telah mengubah wajah pengobatan kuno.

Shennong

Shennong, yang berarti “petani Dewa”, adalah dewa dalam agama Cina, penyembuh bijak, dan penguasa Cina. Dia juga diyakini telah memperbaiki pemahaman terapi pengukuran denyut nadi dan praktik moksibusi (praktik pengobatan membakar mugwort pada bagian tubuh tertentu).

Diperkirakan bahwa Shennong hidup dari tahun 2737 hingga 2697 SM. Legenda mengatakan Shennong terlihat seperti seorang lelaki tetapi memiliki perut yang transparan sehingga dapat melihat efek dari tanaman yang dicerna. Dia dikatakan telah memakan ratusan tanaman saat menggunakan tubuhnya untuk meneliti sifat obat.

Al-Zahrawi

Al-Zahrawi lahir pada 936 M, selama Zaman Keemasan Islam, di El-Zahra, Andalusia, Spanyol. Dia menerima perlindungan kerajaan dan diakui sebagai jenius medis. Selama lebih dari 50 tahun, ia menjabat sebagai dokter. Al-Zahrawi melihat pasien terlepas dari status keuangan mereka. Dengan mencatat perawatannya, ia meninggalkan risalah medis yang berharga yang dikenal sebagai li-tasrif Al-Tasrif ajaz an-il-talif. Ini adalah karya yang sangat penting dalam sejarah kedokteran, karena menjadi referensi standar dalam kedokteran Islam dan Eropa selama lebih dari setengah abad.

Baca juga  Efek Positif Bermain Game di Dalam Bidang Medis, Dapat Menyembuhkan Kanker!

Al-Zahrawi menulis tentang bagaimana mendiagnosis penyakit dan mengatakan bahwa dokter yang baik harus mengandalkan pengamatannya terhadap pasien dan gejalanya, daripada hanya menerima apa yang dikatakan pasien.

Dia juga menulis tentang makanan yang harus dihindari, pemeliharaan pola makan yang sehat, dan penggunaan makanan sebagai bagian dari rencana perawatan. Namun, bagian yang paling berpengaruh dari Al-Tasrif adalah volume ke-30 yang didedikasikan untuk operasi. Karena bagian dari karyanya inilah Al-Zahrawi dijuluki ‘Bapak Bedah Modern.’

Asclepius

Asclepius adalah tabib yang piawai sehingga dapat membawa salah satu pasiennya kembali dari kematian. Ini membuat Zeus khawatir, dan merasa bahwa keterampilan Asclepius berpotensi memberikan keabadian bagi umat manusia, yang akan menjadi ancaman bagi para dewa. Jadi Zeus membunuhnya dengan petir.

Baca juga  6 Macam Kelainan Tubuh yang bikin Penderitanya Menakjubkan

Para pengikut alirannya percaya bahwa ia menyembuhkan orang sakit ketika sedang tidur, sehingga banyak orang sering tidur di kuil-kuil Asclepius. Kemampuan penyembuhannya yang legendaris membuat Tongkat Asclepius menjadi simbol terkenal yang terkait dengan perawatan kesehatan hingga hari ini. Meskipun objek ini termasuk mitologi Yunani, benda ini terus digunakan hingga hari ini sebagai simbol kedokteran dan perawatan kesehatan.

Galen

Galen dari Pergamus adalah salah satu dokter paling terkenal dari Kekaisaran Romawi. Pekerjaan medisnya bertahan dan mendominasi teori dan praktik kedokteran tidak hanya di dunia Romawi, tetapi juga dunia Islam, dan Eropa Abad Pertengahan.

Setelah berada di luar negeri selama beberapa tahun, Galen kembali ke Pergamus pada tahun 157 M, di mana ia ditunjuk sebagai dokter untuk gladiator. Dia kemudian dipanggil oleh Marcus Aurelius, Kaisar Romawi, untuk melayani sebagai tabib istana. Galen terus melayani dalam kapasitas ini selama masa pemerintahan Caracalla dan Septimius Severus.

Baca juga  4 Karakter Badut Paling Mengerikan yang ada di Anime

Galen menulis ratusan risalah di bidang kedokteran. Ia dikatakan telah menyusun “semua pengetahuan medis Yunani dan Romawi yang penting hingga saat ini”, dan menambahkan pengamatan dan teorinya sendiri.

(Visited 6 times, 1 visits today)