Mon. Dec 9th, 2019

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Kontroversi Rizieq Shihab di Pemakaman Mbah Moen, Dari Salah Lubang Hingga ‘Menyerobot’

1 min read
Kontroversi Rizieq Shihab

Kontroversi Rizieq Shihab

Sharing is Caring

Kehadiran Rizieq Shihab di pemakaman Kyai Haji Maimoen Zubair menjadi kontroversi berkepanjangan. Hal ini disebabkan sikap Rizieq Shihab yang dianggap tidak menghargai tradisi NU. Sikap yang ditunjukkan RIzieq Shihab di acara pemakan tersebut dianggap tidak etis.

Menurut Duta Besar Republik Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel menyebut Rizieq Shihab sempat berada di lubang yang salah pada prosesi pemakaman tersebut.

Mengetahui salah lubang makam, Rizieq Shihab kemudian merangsek ke lubang makam Mbah Moen yang asli. Tanpa berkoordinasi dengan Dubes selaku penanggung jawab pemakaman tersebut, Rizieq Shihab membacakan talqin.

“Saya lihat MRS (Muhammad Rizieq Shihab) memang hadir sejak awal dan berkerumun di lubang yang salah,” ujar Agus Maftuh seperti dilansir dari akurat.co (8/8/2019).

Baca juga  Berpotensi Kehilangan Kewarganegaraan Indonesia, HRS Cuma Punya Dua Pilihan

“Setelah selesai pemakaman, saya lihat ada orang yang membacakan talkin tanpa diminta. Dalam tradisi NU, kalau ada kiai besar wafat jarang ditalkin, dan kalaupun ditalkin harus dilakukan oleh seorang kiai yang selevel. Sebenarnya ini sangat tidak etis dan ‘kewanen’ terlalu berani dan su’ul adab (tak etis), apalagi talkin-nya model ‘reguler’,” lanjut Agus Maftuh.

Sikap Rizieq Shihab ini mendapat kritikan dari pihak yang kurang sepakat dengannya, tetapi mendapat pujian dari para pendukungnya.

(Visited 46 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.