Thu. Nov 26th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Diduga Meminta Jatah Rp39,6 Milliar, Politisi PDIP Ini Ditetapkan Tersangka Oleh KPK

2 min read
I Nyoman Dhamantra ditangkap kpk

I Nyoman Dhamantra ditangkap kpk

Sharing is Caring

Akhirnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pun resmi menetapkan anggota komisi VI DPR Fraksi PDI-Perjuangan, I Nyoman Dhamantra, sebagai tersangka kasus dugaan suap pengurusan izin impor bawang putih tahun 2019.

Seperti yang dilansir okezone dotcom (9/8/2019), selain I Nyoman Dhamantra, KPK juga menetapkan lima orang lainnya, yaitu, orang kepercayaan I Nyoman, Mirawati Basri, serta empat pihak swasta, Afung, Doddy Wahyudi, Zulfikar, dan Elviyanto.

‎Berdasar penyidikan KPK, dalam perkara ini, I Nyoman diduga meminta komitmen fee Rp1.700 hingga Rp1.800 per 1 kilogram bawang putih yang diimpor. Adapun komitmen fee tersebut rencananya digunakan untuk mengurus perizinan kuota impor 20.000 ton bawang putih.

Bahkan selain kesepakatan komitmen fee tersebut, I Nyoman juga telah menyepakati adanya permintaan awal sebesar Rp3,6 miliar untuk mengurus izin impor bawang putih. Hanya saja, dari Rp3,6 miliar baru terealisasi Rp2,1 miliar untuk I Nyoman.

Baca juga  Dewi Tanjung Melaporkan Novel Baswedan ke Polda Metro Jaya

“‎Angka yang disepakati pada awalnya adalah Rp3,6 miliar dan komitmen fee Rp1.700-Rp1.800 dari setiap kilogram bawang putih yang diimpor. Rencananya komitmen fee tersebut akan digunakan untuk mengurusi kuota impor 20.000 Ton bawang putih untuk beberapa perusahaan,” kata Ketua KPK, Agus Rahardjo di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, seperti yang dikutip okezone Kamis (8/8/2019).

Tidak main-main besarnya. Dari 20.000 ton bawang putih yang akan diimpor, I Nyoman akan mendapatkan komitmen‎ fee sebesar Rp36 miliar ditambah permintaan awal Rp3,6 miliar. Sehingga, total uang yang akan diterima I Nyoman sebesar Rp39,6 miliar jika berhasi merealisasikan 20.00 ton bawang putih.

Tentunya kasus yang menimpa salah satu politisinya tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi PDIP yang tengah melaksanakan kongres kelimanya di Bali. Akankah partai pemenang Pemilu 2019 ini mampu menjaga kredibilitas dari kader-kadernya yang nakal? Bagaimana menurut UCers?

Baca juga  Ustaz Abdul Somad Dianggap Menista Agama. Begini Kritik Keras MUI Pada UAS!
(Visited 21 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.