Tue. Oct 20th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

5 Kegagalan Komputer yang Sangat Fatal Dan Merusak

2 min read
Sharing is Caring

Komputer sangat membantu kehidupan kita sehari-hari. Kadang-kadang sulit membayangkan bagaimana sesuatu yang begitu umum dapat menyebabkan kesalahan yang menelan biaya ratusan juta atau bahkan miliaran dolar.

Mars Climate Orbiter

Mars Climate Orbiter adalah wahana antariksa kecil yang diluncurkan pada 11 Desember 1998, oleh NASA untuk memasuki orbit Mars dan mempelajari atmosfer Planet Merah dan memberikan wawasan berharga tentang iklimnya dan setiap perubahan permukaan yang mungkin terjadi. Peluncuran berjalan sesuai rencana, dan penyelidikan berjalan tanpa masalah, tetapi tidak diketahui bahwa wahana antariksa itu ditempatkan di lintasan yang mengarah pada kegagalan misi.

Ariane 5

Ariane 5 adalah roket ruang yang digunakan Eropa dan diciptakan bersama-sama termasuk Belgia, Prancis, Jerman, dan Inggris. Komputer dan perangkat lunak internal yang bertanggung jawab untuk memantau kecepatan dan orientasi di atas Ariane 5 digunakan kembali dari Ariane 4, tetapi semakin besar kecepatan roket baru menyebabkan komputer mengalami kerusakan perangkat keras saat mengkonversi angka floating point 64-bit ke integer 16-bit.

Baca juga  Secara Diam, Google Melacak Aktivitas Belanja Pengguna

Knight Capital Group

Knight Capital adalah perusahaan jasa keuangan yang berbasis di Amerika yang membeli dan berbagi saham dengan nilai besar di pasar saham global. Pada 1 Agustus 2012, sistem komputer otomatis yang berbasis di Knight Capital membeli dan menjual jutaan saham yang didistribusikan di antara ratusan saham untuk total 45 menit, sebelum sistem diisolasi dan dihentikan. Knight Capital terpaksa menjual kembali saham-saham ini dengan harga rendah, yang mengakibatkan total rugi bersih lebih dari $ 440 juta — atau sekitar $ 10 juta per menit.

Stuxnet

Stuxnet adalah nama yang diberikan untuk malware yang ditemukan pada tahun 2010 dan dianggap telah dikembangkan oleh Amerika dan Israel sebagai cyberweapon sejak tahun 2005. Stuxnet umumnya dianggap sebagai bagian pertama dari malware yang menyebabkan kerusakan. Stuxnet digunakan untuk menyusup dalam program nuklir Iran ke fasilitas nuklir di Natanz untuk menginfeksi sistem komputernya, memanipulasi mesin dengan cara yang merusak.

Baca juga  Teori Konspirasi tentang Teknologi ini bikin seram!

WannaCry

Pada Mei 2017, serangan cyber di seluruh dunia diluncurkan yang menginfeksi komputer berbasis Windows dengan ransomware. Ransomware adalah bentuk perangkat lunak berbahaya yang mengenkripsi data pengguna, membuatnya tidak dapat digunakan, dan menuntut pembayaran untuk mendekripsi dan mengembalikannya kepada pengguna. WannaCry paling signifikan mempengaruhi sistem Windows yang lebih tua seperti Windows XP dan menyebar ke lebih dari 200.000 komputer di 150 negara.

(Visited 14 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.