Sat. Sep 26th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

5 Fakta Tersembunyi Lautan yang Tak Banyak Diketahui

2 min read
Sharing is Caring

Semua orang tahu hal-hal tertentu tentang lautan yang luas, tetapi apa yang Anda lihat di TV dan film jauh dari keseluruhan cerita. Meskipun lautan mencakup lebih dari 70 persen Bumi, faktanya adalah kita masih kurang tahu tentang lautan daripada Bulan.

Samudera Adalah Penyerap Karbon Terbesar di Bumi

Karbon — salah satu unsur paling melimpah di Bumi, dan membentuk semua hal. Karbon mulai menjadi masalah selama masa industri. Jadi kemana perginya semua karbon itu? Karbon dioksida, gas rumah kaca yang dikenal yang menyebabkan pemanasan global, terakumulasi di atmosfer, terperangkap dan menyebabkan pemanasan planet Bumi secara keseluruhan. Lautan adalah penyerap karbon terbesar.

Baca juga  Ini Tiga Kecelakaan yang Hebohkan Dunia, Nomor 3 Terjadi di Indonesia

Ubur-ubur Irukandji Lebih Buruk Dari Hiu

Ubur-ubur adalah mahluk berbisa, tapi tidak beracun. Ubur-ubur Irukandji adalah spesies terkecil dan paling mematikan di planet ini. Mereka seukuran kuku jari kelingking dan hampir sepenuhnya transparan. Jika seseorang tersengat ubur-ubur ini gejala yang mereka alami termasuk rasa sakit yang sangat kuat sehingga efek morfin akan hilang dalam beberapa menit, muntah, kram otot, dan pendarahan di otak atau paru-paru. Sekitar 30 persen korban berakhir dengan gagal jantung atau komplikasi.

Upwelling

Upwelling adalah sistem kelautan di mana air yang dingin dan kaya nutrisi dibawa ke permukaan. Biasanya, nutrisi di permukaan digunakan dengan cepat oleh ganggang, plankton, dan microfauna lainnya, yang harus tetap berada di dekat permukaan untuk menjadi hangat dengan bantuan sinar matahari.

Baca juga  7 Fakta Pramugari Dari Berbagai Negara

Gunung Tertinggi

Gunung tertinggi di dunia sebenarnya adalah Mauna Kea di Hawaii. Gunung raksasa ini memiliki tinggi lebih dari 1.200 meter, lebih tinggi dari Everest, yang berada di di ketinggian sekitar 9.750 meter dari pangkal ke puncak. Mauna Kea menyembunyikan hampir 6.000 meter tingginya di bawah permukaan laut.

Pengasaman Lautan

Pengasaman, yang disebabkan oleh karbon dioksida yang menyebar ke lautan, membentuk asam lemah yang disebut asam karbonat. Cairan asam memiliki lebih banyak atom hidrogen yang mengambang bebas, yang buruk untuk spesies laut karena hidrogen berikatan dengan unsur-unsur lain, terutama blok kalsium karbonat (CaCO3). Kalsium karbonat adalah zat yang membentuk cangkang krustasea dan banyak spesies laut lainnya. Seiring waktu, pengasaman tidak hanya akan memecah cangkang kalsium karbonat, tetapi juga akan membuatnya lebih sulit untuk terbentuk.

Baca juga  7 Karakter Iblis dalam Anime yang Membantu Umat Manusia
(Visited 17 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.