Sun. Dec 8th, 2019

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Memuat 10 Firman Allah, Batu Inikah yang Selama ini Dicari-cari oleh Orang Yahudi?

2 min read
Sharing is Caring

“The Los Lunas Decalogue Stone” merupakan sebuah nama yang diberikan kepada batu besar yang berada di sisi gunung tersembunyi, berada di dekat Los Lunas, New Mexico, sekitar 35 mil selatan dari Albuquerque.

Pada batu itu ditemukan prasasti misterius yang diukir dalam panel datar. Tulisan itu ditafsirkan oleh beberapa orang sebagai versi singkat dari Dasa Titah atau Sepuluh Firman Allah ke Nabi Musa dalam bentuk tulisan Paleo-Ibrani.

Sekelompok huruf diketahui membentuk suku kata yang menyerupai tetragrammaton YHWH atau “Yahweh”, ditulis empat kali di atas permukaan batu.

Artefak itu pertama kali dikenal pada tahun 1933 ketika Profesor Frank Hibben, seorang arkeolog dari Universitas New Mexico, dilaporkan melihat untuk pertama kalinya. Batu itu dibawa ke Hibben oleh seorang pemandu yang mengklaim telah menemukannya pada tahun 1880-an. Jika informasi ini akurat, pemalsuan tidak akan mungkin dapat dilakukan karena skrip Paleo-Ibrani tidak diketahui oleh para ilmuwan hingga tahun 1880-an. Hibben mengatakan usia batu itu (saat ini) paling tidak sudah 200 tahun.

Baca juga  Menara ini Bikin Bulukuduk Merinding!

Salah satu argumen yang meragukan keotentikan batu itu adalah penggunaan jelas dari tanda baca Ibrani Modern, meskipun epigrapher Barry Fell berpendapat bahwa tanda baca itu konsisten telah digunakan sejak zaman dahulu. Peneliti lain menolak artefak itu berdasarkan banyaknya kesalahan gaya dan tata bahasa yang muncul dalam prasasti.

Batu ini menjadi kontroversial karena banyak yang merasa artefak itu adalah berasal dari masa Pra-Columbus dengan adanya bukti kontak Semit awal dengan Amerika, yang menunjukkan bahwa banyak orang-orang dari Israel yang menetap di Amerika. Karena berat batu itu lebih dari 80 ton, batu itu tidak pernah dipindahkan ke museum atau laboratorium untuk dipelajari dan diamankan.

Baca juga  5 Artifak Paling Misterius Di Bumi

Batu itu dapat dilihat oleh pengunjung dengan mengantongi izin akses rekreasi dari Kantor Tanah Negara Bagian New Mexico.

(Visited 14 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.