Thu. Jul 16th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Ini Cara Sederhana Memusnahkan Kedahsyatan Bom Nuklir Dari Muka Bumi Selamanya

2 min read
Sharing is Caring

Gunung berapi menyimpan lava mendidih di permukaan Bumi, yang hanya menunggu waktu untuk memuntahkan abu dan lava. Sedangkan Bom nuklir adalah senjata buatan manusia yang dirancang untuk menghancurkan dalam skala besar. Namun apa yang akan terjadi ketika kedua ‘penghancur’ ini bertemu?

Menjatuhkan bom bahkan, nuklir ke dalam lava magma mendidih akan mengakibatkan antiklimaks. Bom akan meleleh tanpa memulai reaksi nuklir. Dimuat laman IFL Science.com (18/1/2018).

Bom nuklir terbuat dari bahan peledak dan inti radioaktif, seperti plutonium. Untuk memicu ledakan dahsyat, bahan peledak perlu diledakkan dalam pengaturan waktu yang cermat untuk menciptakan energi yang cukup untuk memulai reaksi nuklir dalam intinya. Setelah reaksi berantai dimulai, tidak ada yang bisa menghentikannya. Namun, jika bom nuklir dilemparkan ke dalam ruang magma, bom akan meleleh, bahkan inti radioaktifnya secara keseluruhan.

Baca juga  Keberuntungan Masih Berpihak, 10 Foto ini Membuktikan Bahwa Mereka Orang Paling Beruntung

Untuk menghancurkan gunung vulkanik, bom nuklir harus diledakkan di atas mulut gunung berapi, atau diangkut ke pusat ruang magma. Bom nuklir mungkin akan mengakibatkan ledakan, namun tidak akan cukup keras untuk memicu letusan. Radius ledakan bom atom masih terlalu kecil untuk mencapai ruang magma yang dapat memicu ledakan.

Bom atom yang meledak akan menghasilkan bola api yang akan membakar segala sesuatu di sekitarnya, termasuk membentuk awan jamur. Ledakan bertekanan tinggi akan merobohkan bangunan-bangunan beton.

Tsar Bomba, bom terbesar yang pernah diuji oleh Rusia memiliki efek struktural yang jauh lebih besar. Bom nuklir ini memiliki radius bola api 3.000 meter (10.000 kaki) dan secara signifikan mampu mengurangi ketinggian Gunung St. Helens.

Baca juga  5 Penelitian dengan Hasil yang Aneh
(Visited 8 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.