Sat. Dec 5th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Indonesia Tak Sendiri, 5 Kota Besar Di Dunia Juga Mengalami Pemadaman Listrik Terparah

2 min read
Sharing is Caring

Masyarakat Indonesia sempat dihebohkan dengan pemadaman masif yang terjadi di hampir separuh pulau jawa. Daerah Jakarta, Banten, Jawa Barat dan sebagian Jawa Tengah mengalami pemadaman total atau dikenal juga Blackout, bahkan ada yang mengalami sampai 32 jam lamanya.

Ternyata insiden blackout tersebut tak hanya terjadi di Indonesia saja, namun juga terjadi di beberapa kota besar di dunia. Seperti dilansir dari kompas.com (6/08/2019), simak beberapa kota besar di dunia yang mengalami pemadaman listrik terparah ini.

1. Manhattan, New York

Pada 13 Juli 2019, West Side Manhattan di kota New York mengalami kegagalan daya listrik. Perusahaan listrik Con Edison melaporkan setidaknya sekitar 73.000 pelanggan terkena dampak pemadaman listrik.

Baca juga  5 Fakta Aneh Dari Air Mata yang Mengusik Rasa Ingin Tahu

Mirisnya, pemadaman ini terjadi pada peringatan ke-42 New York Black Out pada tahun 1977 yang menyebabkan 9 juta masyarakat tak bisa mengakses listrik. Untungnya dalam waktu 5 jam, pihak terkait berhasil mengatasi pemadaman listrik.

2. Venezuela

Venezuela mengalami pemadaman terburuk sepanjang sejarah pada 22 Juli 2019. Akibatnya terjadi kerusuhan di jalanan ibukota karena lampu merah dan sistem transportasi subway terhenti saat jam sibuk. Menteri informasi Venezuela menuding jika blackout terjadi lantaran adanya serangan elektromagnetik, namun sayang dia tak menjelaskan secara detail.

3. Washington, Amerika Serikat

Kota megapolitan, Washington juga mengalami blackout pada 27 Juli 2019.Pemadaman listrik total menyebabkan lebih dari 30.000 warga Washington DC harus rela hidup tanpa listrik pada sabtu sore waktu setempat. Parahnya lagi, situasi tersebut bersamaan dengan suhu udara yang naik hingga 90 derajat.

Baca juga  Temuan Fosil Wanita 2000 Tahun SM Terdapat Benda Langka Dan Paling Berharga

4. Kenya

Negara di Benua Afrika ini juga sempat mengalami blackout dan akan terus berjalan diawal minggu bulan Agustus 2019. Namun ternyata Kenya punya alasan tersendiri. Gangguan listrik diakibatkan adanya pemeliharaan fasilitas dan peningkatan saluran listrik ke jaringan khususnya pada pelanggan baru yang terus meningkat.

5. Libya

General Electricity Company of Libya selaku perusahaan listrik Libya mengatakan pemadaman listrik terjadi akibat gangguan dari beberapa unit gardu listrik. Sebenarnya malam hari listrik mulai kembali menyala secara bertahap, akan tetapi tak berlangsung lama. Akibatnya dari blackout, sejumlah sistem transportasi di negara tersebut lumpuh total.

(Visited 9 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.