Sat. Sep 19th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

10 Cikal Bakal Hal Modern yang Kalian Nikmatin Zaman Sekarang

3 min read
Sharing is Caring

Penemu dan penulis fiksi ilmiah memukau banyak manusia dengan ide-ide mereka. Tetapi hal yang paling menakjubkan adalah bahwa beberapa ide mereka telah menjadi kenyataan, bahkan selama seabad yang lalu. Bisa dibilang cikal bakal dari hal-hal yang kalian nikmati sekarang adalah ide dari nenek moyang kita. Dan sebagian besar dari kita mungkin bahkan nggak menyadari bahwa smartphone sudah diprediksi lama sebelum muncul lho?

1. Smartphone

Nikola Tesla meramalkan penciptaan smartphone pada tahun 1926 dalam sebuah artikel untuk The New York Times. Kemudian pada tahun 1964, Isaac Asimov meramalkan bahwa ada kemungkinan untuk memanggil titik apa pun di Bumi melalui komunikasi satelit dan kita nggak perlu kabel untuk itu. Dan 19 tahun kemudian, ponsel mobile genggam pertama di dunia hadir. Motorola Dyna TAC 8000X diklaim menjadi handphone pertama di dunia pada tahun 1983 yang diciptakan oleh seorang peneliti bernama Martin Cooper.

Baca juga  Sejarah Harakiri atau Seppuku, Tradisi Bunuh Diri yang Dilakukan di Jepang

2. Sistem pendidikan dengan teknologi tinggi

Sistem pendidikan teknologi tinggi diprediksi di En L’An 2000 dan gambar di atas adalah seri gambar Prancis yang menggambarkan kemajuan ilmiah yang dibayangkan akan tercapai pada tahun 2000. Hmm mungkin sekarang manusia nggak menggunakan helm dengan kabel untuk belajar, tetapi banyak pekerjaan udah dibantu sama teknologi komputer.

3. Transplantasi

Penulis Frankenstein, Mary Shelley, dalam novelnya pada tahun 1818 mulai berbicara tentang penghidupan kembali mayat dengan listrik dan pertukaran organ tubuh. Hal ini benar-benar menjadi sesuatu yang luar biasa karena menuliskan sebuah ide tentang teknologi yang belum mulai manusia gunakan sampai beberapa waktu yang lalu.

4. Airbus

Begitulah cara Jean-Marc Côté membayangkan kapal terbang pada tahun 1900. Dia menyebut mereka airbuses. Saat ini airbus, atau pesawat terbang, banyak digunakan dan telah menjadi hal biasa.

Baca juga  Inilah 7 Foto Langka Einstein di Masa Lalu, No 6 Paling Dikenang Dunia

5. Kartu Kredit

Orang yang pertama kali mengembangkan ide kartu kredit adalah penulis fiksi ilmiah utopian, Edward Bellamy. Idenya digambarkan lewat buku ‘Looking Backward’ pada tahun 1888.

6. Video chatting

Video chatting sudah diprediksi pada tahun 1910 oleh seniman Jean-Marc Côté, ketika belom ada teknologi video. Waktu itu, video chatting sepertinya adalah hal terlalu futuristik, tetapi sekarang ini adalah rutinitas normal.

7. Smartwatches dan fitness bracelet

Smartwatches dan fitness bracelet adalah gadget yang sangat populer saat ini. Tetapi penulis dan sejarawan fiksi ilmiah Soviet, Kir Bulychev meramalkannya jauh sebelum mereka muncul. Dalam bukunya ‘One Hundred Years Ahead’ tahun 1978, ia menggambarkan sebuah gelang dengan angka-angka yang muncul begitu saja di layar.

8. Perjalanan ke Bulan

Jules Verne meramalkan orang-orang terbang ke bulan pada tahun 1865. Ia menggambarkan kemungkinan mendaratnya seorang pria di Bulan dengan sangat terperinci, dalam novelnya ‘From the Earth to the Moon’. Dan bahkan tanpa data empiris tentang masalah tersebut pada saat itu, beberapa tokohnya sangat akurat. Sebagai contoh, ia menulis bahwa 1.600.000 pon bedak dibutuhkan untuk membuat 6.000.000.000 liter gas.

Baca juga  Inilah 3 Jenis Buah yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas Terlalu Lama!

9. Laser

Pada tahun 1898 H. G. Wells menggambarkan dalam bukunya ‘The War of the Worlds’ sebuah “Heat-Ray.” Dengan senjata ini, penggunanya mampu membakar benda tanpa suara, tetapi hanya dengan kilatan cahaya.

10. Kamar mandi otomatis

Ilustrasi dari En L’An 2000 yang diterbitkan oleh Henry Holt and Company pada tahun 1910 ini mengingatkan kita pada banyak hal di salon kecantikan dan gadget khusus untuk kamar mandi yang hanya memerlukan aplikasi untuk mengontrol prosesnya. Sekarang, pasti sebagian dari kita udah sering menikmatinya.

(Visited 11 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.