Wed. Nov 25th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Ternyata 6 Hal yang Kita Anggap Alami Ini Hasil “Buatan” Manusia

3 min read
Sharing is Caring

Kebanyakan hal yang ada di bumi ini memang tercipta secara alami. Namun pengaruh manusia berperan juga dalam beberapa hal yang ada di bumi ini sehingga semua hal yang ada di bumi tidak sepenuhnya tercipta secara alami. Sebut saja plastik, besi, bahkan sampai apa yang kalian gunakan saat ini.

Dan pengaruh manusia juga tidak terpaku pada hal yang sifatnya abiotik atau tidak hidup. Bahkan beberapa hal yang bersifat biotik atau hal yang kebanyakan orang pikir itu tercipta secara alami ternyata merupakan hasil tangan dan pikiran manusia.

Dan ini beberapa hal yang kita pikir tercipta secara alami, ternyata merupakan hasil pengaruh manusia :

1. Lebah Pembunuh

Lebah mungkin memang bukan buatan manusia atau tidak terpengaruh sama sekali oleh manusia dalam keberadaannya. Namun jika menyinggung lebah pembunuh tampaknya itu sedikit berbeda, mengapa? Karena keberadaan mereka adalah hasil percobaan manusia yang gagal dan salah kaprah.

Pada awalnya lebah pembunuh tidak berada di alam liar. Keberadaan mereka dibuat pada awalnya untuk meningkatkan produksi madu dan membuat lebah madu eropa lebih tahan, khususnya terhadap suhu. Sehingga para ahli biologi mengambil beberapa lebah madu afrika dan membuat mereka berkembang biak dengan kondisi yang terkendali.

Baca juga  Jokowi-Prabowo Bertemu di Sate Senayan, Sang Manajer Beberkan Fakta Tak Terduga!

Namun sayang, pada tahun 1957 sekitar 26 ratu lolos dari kurungan kemudian kawin sendiri menjadi spesies lebah pembunuh yang kita kenal.

2. Jagung

Jagung memang tercipta dengan bantuan alam namun menyangkut bagaimana awalnya mereka ada, itu menyangkut manusia. Jagung ada di alam liar bukan seperti jagung yang kita kenal saat ini, melainkan itu berasal dari populasi asli dari sejenis rumput liar.

Menurut penelitian, jagung ada untuk meningkatkan ukuran tongkol dan kernel pada teosinte di Meksiko sekitar 6.300 tahun yang lalu. Setelah ribuan tahun percobaan akhirnya menghasilkan apa yang kita sebut jagung saat ini.

3. Amazon

Mungkin kebanyakan orang akan berpikir jika Amazon memang tercipta secara alami. Bahkan mereka sama sekali tidak tersentuh oleh peradaban sebelum “ditemukannya” Amerika. Namun, hal itu menjadi dipertanyakan setelah beberapa penemuan dan penelitian lebih lanjut. Para peneliti menemukan jika Amazon dulu sebenarnya dihuni oleh kelompok beragam sebelum diketahui oleh belahan bumi lain. Dan kelompok ini mengubah lanskap dengan cara mereka sendiri.

Baca juga  5 Manusia yang Kemampuannya di Luar Akal Sehat

Contohnya adalah beberapa spesies tanaman yang merupakan modifikasi dari versi aslinya. Selama berabad – abad orang-orang memelihara tanaman lokal dan menyilangkannya dengan spesies lain. Oleh karena itu, peneliti mencoba mencaritahu bagaimana dampak manusia terhadap hutan, dan membuat kita bertanya-tanya apakah itu sepenuhnya alami.

4. Lemon

Mungkin tidak ada yang mengharapkan salah satu buah ini ada karena manusia. Dan memang buah ini dibuat oleh manusia dari hasil kawin campur varietas jeruk alami seperti jeruk asam dan jeruk yang menghasilkan buah kuning yang kita kenal saat ini. Asal usulnya sendiri cukup rumit dan misterius meskipun secara umum disepakati jika buah ini muncul di kaki bukit Himalaya di Burma dan Assam sekitar 2.000 tahun lalu.

5. Mutiara

Mutiara memang benar diproduksi di dalam jaringan lunak dari moluska hidup sehingga mereka memang terbentuk secara alami. Dan yang menjadi maksud “dibuat oleh manusia” dalam daftar ini juga tidak menyangkut awal keberadaan moluska itu sendiri.

Baca juga  5 Cara Teknologi yang Dapat Merusak Hubungan Manusia

Melainkan manusia yang telah menemukan cara untuk membuatnya di laboratorium. Tentu, sebagian kecil mutiara masih ditemukan di lautan dan diambil seperti di masa lalu.

Namun, mayoritas di pasar adalah mutiara budidaya. Ini bukan palsu. Mereka dibuat dengan menyuntikkan emas dan perak ke dalam moluska dan mereplikasi kondisi alami di laboratorium.

6. Morning Glory Pool

Morning Glory Pool adalah tempat di Taman Nasional di Yellowstone. Meskipun warna biru di sana berasal dari sejenis bakteri, tetapi warna kuning di pinggiran sepenuhnya karena alasan buatan manusia.

Selama bertahun-tahun, orang-orang telah melemparkan berbagai hal di Morning Glory Pool, sehingga banyak ventilasi termal terhalang. Ini pada akhirnya memungkinkan jenis bakteri lain untuk bergerak, menghasilkan warna merah dan kuning di tepi yang memberi kolam palet yang unik.

(Visited 11 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.