Mon. Jul 13th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Pamitan ke Megawati, Ternyata Mbah Moen Menghembuskan Nafas Terakhir di Tanah Suci

2 min read
Mbah Moen

Mbah Moen

Sharing is Caring

Sesepuh Nahdlatul Ulama yang juga tokoh senior PPP KH Maimun Zubair atau Mbah Moen yang sempat menjadi polemik dalam Pilpres 2019 kemarin karena doa yang tertukar dikabarkan meninggal dunia di Makkah, Arab Saudi pada Selasa (6/8/2019) pagi tadi.

Seperti yang dilansir suara dotcom (6/8/2019), sebelum dikabarkan wafat, Mbah Moen sempat bertemu dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk berpamitan karena hendak berangkat haji.

Mbah Moen berkunjung ke kediaman Megawati di Menteng, Jakarta pada Sabtu (27/7/2019) lalu. Dalam pertemuan itu, Mbah Moen menjelaskan maksud dan tujuannya, bahwa dirinya telah berusia 91 tahun menyatakan pamit dengan Megawati Soekarnoputri karena ingin berangkat haji ke Tanah Suci.

Baca juga  Mengulang Bandung Membara, Video Panas Mahasiswa dan Dosen Viral di Sosmed?

Kepada Megawati, pimpinan Ponpes Al-Anwar Sarang, Rembang ini menjelaskan dirinya akan berangkat haji ke Makkah pada hari Minggu (28/7/2019).

“Kunjungan saya ke sini hanya ingin silaturahmi dan pamitan, karena mau berangkat naik haji ke Tanah Suci, hari Minggu besok,” kata Mbah Moen, seperti ditirukan oleh Wakil Sekjen PDIP Eriko Sotarduga, yang saat itu juga berada di kediaman Megawati.

Untuk diketahui, salah satu tokoh yang mengabarkan wafatnya Mbah Moen di Makkah adalah eks Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD yang menginformasikannya melalui Twitter.

“Inna lillah wa innaa ilaihi raji’un. Kyai Maimoen Zubeir (Mbah Moen) wafat di tanah suci Makkah jam 8.17 WIB tadi,” cuit Mahfud MD di Twitter, Selasa pagi.

Baca juga  Jakarta Dikepung Banjir, Novel Bamukmin Puji Anies Baswedan

Menurut Mahfud, Mbah Moen wafat di tempat yang dicintainnya yakni Tanah Suci Makkah. Mahfud mengungkapkan menerima kabar duka itu dari salah satu orang terdekat Mbah Moen yakni pak Supri.

“Jadi, insyaallah ini bukan hoaks,” yakin Mahfud.

Selanjutnya liputan6 dotcom (6/8/2019) melansir Mbah Moen wafat sekitar pukul 04.30 waktu setempat pada Selasa (6/8/2019) di Rumah Sakit Ann Nur, Makkah. Dikabarkan, ia tutup usia usai salat subuh.

Berdasar kesaksian orang-orang yang mendampingi beliau ketika berhaji, dua hari sebelum meninggal dunia, Mbah Moen masih sehat. Bahkan, pada malam sebelum wafat, dirinya sempat menerima tamu Duta Besar Indonesia di Saudi Arabia, Agus Maftuh Abegebriel.

Baca juga  BUMN Kelola Tambang Emas dan Batubara Milik Tersangka Jiwasraya

Selamat jalan Mbah Moen, semoga sepeninggalmu umat Islam Indonesia tetap mampu menjaga kerukunan dan silaturahmi yang saling mengasihi. Aamiin.

(Visited 27 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.