Thu. Aug 13th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Ada GNPF, FPI dan PA 212. Ini Syarat Jika Ijtima’ Ulama Ingin Jadi Lembaga Resmi

2 min read
Ijtima' Ulama

Ijtima' Ulama

Sharing is Caring

Ijtimak Ulama IV yang digelar di Hotel Lorin Sentul, Bogor, Jawa Barat, Senin (5/8/2019) lalu menghasilkan beberapa keputusan terkait sikap mereka kedepannya. Dalam pertemuan itu dihadiri oleh FPI, GNPF dan PA 212 beserta ulama-ulama dan tokoh nasional dari seluruh provinsi di Indonesia dan digelar secara tertutup.

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo mengatakan tidak melarang siapa atau suatu kelompok mana saja yang ingin menyuarakan pendapat mereka. Bahkan Tjahjo mengatakan Ijtima’ Ulama bisa saja menjadi ormas atau lembaga resmi yang menampung usyawarah antara habaib dan ulama serta tokoh istiqomah, jika mereka ingin.

“UU mengatur bahwa setiap warga negara berhak untuk berkumpul berserikat berormas, kalau ada sekelompok warga negara Indonesia yang ingin berhimpun ya silakan,” kata Tjahjo, seperti yang dikutip dari Suara.com (06/08/2019).

Baca juga  Besok Jumat, FPI Siap Gelar Aksi Di Gedung DPR RI: Yang Hadir Diperkirakan 100 Ribu Orang!

Tjahjo menambahkan ijtima ulama bisa mendaftar ke Kemenhumkan atau Kemendagari jika ingin menjadi lembaga resmi. Ia menegaskan bahwa setiap masyarakat atau kelompok memiliki hak untuk berserikat.

“Bisa lewat akta notaris, bisa lewat Kemenkumham mendaftarnya bisa lewat Kemendagri, sah-sah saja, tidak pun tidak masalah, itu saja, setiap warga negara punya hak untuk berserikat, berhimpun, berkumpul,” tandasnya.

Sebelumnya, Penanggung Jawab Ijtima Ulama IV, Yusuf Muhammad Martak mengatakan delapan butir kesepakatan dari Ijmatima Ulama itu lahir setelah para ulama menimbang dengan berpedoman pada ayat suci Alquran dan sejumlah hadis riwayat Nabi Muhammad.

“Memperhatikan pandangan saran dan masukan peserta Ijtima Ulama IV bahwa melawan kezaliman dan kecurangan di Indonesia harus tetap melalui jalur jihad konstitusional,” kata Yusuf, seperti yang dikutip dari Tagar.id (05/08/2019).

Baca juga  Ingin Rizieq Pulang, PA 212: Doa-Doa Orang Terdzalimi Akan Dikabulkan
(Visited 19 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.