Wed. Sep 23rd, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

5 Diktator Paling Terkenal di Dunia

3 min read
Sharing is Caring

Banyak pemimpin yang sewaktu berkuasa sangat dicintai rakyat dan dielu-elukan. Pada saat yang sama pemimpin itu pun memerintah dengan tangan besi hanya sekedar untuk mempertahankan kekuasaannya.

Pemimpin seperti in biasanya berkuasa cukup lama namun ada yang sebagian harus turun tahta dengan cara yang menyedihkan.

Yuk kita simak 5 di antara nya”

1.Joseph Stalin

Stalin berhasil meraih puncak kekuasaan ketika pendiri Uni Soviet, Lenin meninggal pada tahun 1924. Setelah terjadi perebutan kekuasaan , akhirnya pada tahun 1929 posisinya sebagai pemimpin Uni Soviet menjadi terlaksana.

Pada masa kekuasaannya yang membentang sekitar 24 tahun, Stalin melakukan kampanye teror politik besar-besaran. Pembersihan, penahanan, dan deportasi ke kamp kerja paksa terjadi secara luas.

Pada saat itu banyak orang yang dikirim ke Gulag, kamp kerja paksa paling mengerikan di Siberia. Selain itu banyak tokoh yang mencoba melawan langsung hilang tidak tentu rimbanya.

Baca juga  Banyak Yang Belum Tahu! Ternyata Harta Kekayaaan Majapahit Terkubur di Sini

Namun pada saat pemerintahannya pula Uni Soviet mencapai jaman kejayaan. Menag perang dunia dan melakukan pembangunan dan industriaiisasi yang hebat.

2.Adolf Hitler

Hitler merupakan tokoh paling kontroversial dl Jerman dan hingga kini masih dikenang sebagai diktator paling mengerikan di dunia.

Dia menjabat sebagai kanselir Jerman pada tahun 1933. Segera ia mengkonsolidasi kekuatan. Posisi-posisi penting di birokrasi, kehakiman, dan pemerintah provinsi diberikan kepada loyalis Nazi. Semua partai politik diberhentikan, segala aktivitas ekonomi, media, dan kebudayaan dikontrol oleh Nazi.

Pada masa Hitler lah orang Yahudi menjadi sasaran kebencian sehingga jutaa harus meregang nyawa di kamar gas.

Perang Dunia II pecah ketika pasukan Jerman masuk ke Polandia. Namun perang berkepanjangan itu menguras tenaga Jerman. Rencana penaklukan Uni Soviet dan Inggris tak semudah yang Hitler bayangkan.

Baca juga  Artis Ternama Hollywood Terkena Virus Corona, Begini Kondisinya Sekarang

Pada April Tahun 1945 Tentara Merah menyerang Berlin dan Hitler pun dikabarkan bunuh diri bersama pasangannya Eva Braun.

3. Fidel Castro

Fidel Castro berhasil merebut kekuasaan dengan kudeta pada 1959 di Kuba. Fidel pun akhir berkuasa sangat lama yaitu hampir setengah abad sebelum menyerahkan kekuasaan kepada adiknya Raul Castro.

Fidel memerinta dengan tangan besi, namun dengan bantuan Soviet berhasil menmbuat kehiduaan di Kuba sangat baik terutama dalam bidang esehaan dan pendidikan.

4.Ayatollah Khomeini

Khomeini terkenal dengan antibaratnya. Barat memandang Khomeini sebagai seorang pedendam, citra yang melekat pada dirinya hingga kini. Tetapi di pelbagai negara Muslim, Khomeini dielu-elukan, terutama oleh kaum muda, sebagai tokoh penentang Barat nomor satu yang revolusinya menjadi inspirasi.

Tahun 1979 Khomeini kembali ke Iran dari pengasingan di Perancis. Revolusi Islam pun dimulai dan Syah Pahlevi pun harus turun tahta.

Baca juga  5 Foto Indonesia Masa Penjajahan Belanda Yang Berhasil Diabadikan Kamera

Selama berkuasa, Khomeini menrapkan sistem tangan besi berdasarkan agama. Dia juga diduga mengekspor revolusi ke negara-negara Muslim di sekitarnya. Salah satu warisan Kkomeini adalah perang Iran-Irak yang berlangsung delapan tahun.

5.Suharto

Gak nyangka, dunia internassional menganggap Suharto sebagai diktator walau di dalam negri beliau sangat dicintai rakyat.

Awal kenaikan Suharto ke puncak pimpinan adalah gerakan G30 S/PKI yang dilanjutkan dengan pembersihan PKI di Indonesia yang memakan korban ratusan ribu bahkan jutaan jiwa.

Selama pemerintahannya banyak tokoh yang harus dipenjara dan dibuang ke Pulau Buru selama belasan tahun tanpa pernah diadii.

Tragis, seperti juga awal pemerintahannya, Suharto jatuh pada Mei 1998 dengan kerusuhan yang merengut ribuan jiwa.

Demikian 5 diktator paling terkenal di dunia.

(Visited 41 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.