Sat. Sep 19th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

7 Tempat di Alam Semesta yang Menjadi Target Pencarian Alien

3 min read
Sharing is Caring

Apakah kita sendirian di alam semesta ini? Tetap saja pertanyaan ini masih belum terpecahkan. Tapi penampakan UFO, Meteoroids dan foto-foto benda misterius cukup membuktikan memang ada sesuatu yang aneh di sekeliling kita. Di sini akan disajikan top 7 tempat target pencarian makhluk asing atau alien di alam semesta.

7. Orion Nebula

Orion nebula adalah salah satu nebula paling terang di luar angkasa yang bisa dilihat dengan mata telanjang di malam hari. Orion nebula sebenarnya terletak 1500 tahun cahaya dari Bumi. Teleskop rahasia milik Badan Luar Angkasa Eropa menemukan banyak partikel pembentuk kehidupan yang dapat ditemukan di sana, termasuk metanol, molekul air, karbon monoksida dan hidrogen sianida.

Mungkin diperlukan beberapa juta tahun untuk mengubah partikel-partikel semacam itu menjadi sebuah bentuk dasar kehidupan. Bagaimanapun juga, informasi ini memberikan bukti yang jelas tentang kemungkinan adanya kehidupan alien di alam semesta ini.

6. Exoplanet

Di luar sana ada banyak planet mirip Bumi yang dapat ditemukan. Seperti exoplanet yang juga mengandung banyak partikel organik. Kehadiran Matahari seperti bintang di galaksi mereka memperkuat kemungkinan adanya kehidupan di planet-planet tersebut.

Baca juga  7 Film Indonesia Paling Laku di tahun 2019

Exoplanet sebenarnya adalah planet yang berputar atau mengorbit, sama seperti Bumi mengorbit Matahari. Para ilmuwan ruang angkasa menemukan sejumlah exoplanet setiap tahun. Banyak diantaranya yang memiliki lingkungan layak huni untuk dapat mempertahankan sebuah kehidupan.

Misi Keplar NASA mencatat ada sekitar 134 exoplanet yang dapat ditemukan sampai sekarang. NASA memperkirakan bahwa ada 40 miliar planet berukuran Bumi yang mengorbit Matahari-nya, dan memiliki lingkungan yang layak huni untuk menopang sebuah kehidupan.

5. Enceladus

Enceladus adalah salah satu dari bulan yang dimiliki Saturnus, bulan terbesar keenam. Catatan pesawat ruang angkasa Cassini NASA menunjukkan bahwa Enceladus dimungkinkan dapat memiliki bentuk kehidupan yang rumit.

Pesawat ruang angkasa Cassini menemukan karbon, hidrogen, dan oksigen di permukaan Enceladus, komponen utama untuk membentuk kehidupan. Selain itu, ditemukan juga adanya air cair di bawah permukaan Enceladus, organisme kehidupan mungkin bisa bertahan hidup di bawah permukaan lautnya dalam suasana dingin.

4. Titan

Titan adalah Bulan Saturnus terbesar. Menurut ilmu astronomi, planet-planet dingin tidak dapat menahan bentuk kehidupan. Tapi data dari probe Huygens NASA menunjukkan Titan mengandung banyak komponen organik yang mengarah kepada pembentuk asal usul kehidupan.

Baca juga  5 Misteri Dunia yang Masih Belum Terpecahkan

Probe Huygens yang mendarat di Titan pada tahun 2005 menemukan adanya air cair, kehadiran metana dan banyak mineral lainnya. Titan memiliki suhu atmosfer -187 C, memiliki atmosfer tebal yang mengandung banyak senyawa organik. Mungkin di sana sudah ada bentuk kehidupan yang sederhana.

3. Callisto

Callisto adalah satelit alami terbesar kedua milik Jupiter. Ilmuwan luar angkasa menyebut Callisto sebagai ‘Bulan Mati’ sampai ditemukannya keberadaan air.

Pesawat ruang angkasa Galileo NASA menemukan bahwa Callisto memiliki medan magnet yang berfluktuasi. Meteoroid Callisto mengandung asam amino dan kandungan karbon, bukti untuk dapat membangun dasar kehidupan. Bagian berbatu Callisto mengandung mineral dan senyawa organik.

Callisto memiliki permukaan dengan radiasi rendah, lingkungan yang mungkin dapat dihuni untuk sebuah kehidupan.

2. Europa

Europa adalah salah satu satelit alami Jupiter. Europa memiliki permukaan yang paling halus di tata surya. Bulan ini juga mengandung oksigen dan air.

Europa memiliki atmosfer renggang yang terutama mengandung oksigen, membuktikan kemungkinan kehidupan di Europa. Europa juga memiliki permukaan es cair, dan juga mengandung laut bawah tanah. Lautan di Europa dapat mendukung kehidupan bawah laut karena kaya akan bahan kimia.

Baca juga  5 Misteri Mengenai Alam Semesta

Badan antariksa Eropa merencanakan misi pendaratan di Europa yang dijadwalkan akan dilakukan pada tahun 2022. Semoga hal itu dapat mengungkapkan lebih banyak data tentang kehidupan di Europa.

1. Mars

Mars, si Planet Merah, adalah target paling penting di tata surya dalam pencarian makhluk asing. Posisinya di tata surya, ukuran, atmosfernya dengan data yang dikumpulkan oleh misi Mars baru-baru ini, menunjukkan bahwa planet ini sangat mungkin untuk menopang sebuah kehidupan.

Sebagian besar asteroid dari Mars yang menghantam Bumi mengandung fosil mikro. Itu membuktikan kehidupan kuno di Mars. Percobaan di tanah Mars yang dikumpulkan oleh misi pendarat viking NASA mengklaim bahwa permukaan Mars memiliki keberadaan organisme mikro. Kehadiran sungai kering, gunung berapi, es dan berbagai mineral juga menjadi bukti lainnya tentang kemungkinan adanya kehidupan di sana.

Phoenix Mars yang merupakan misi pendaratan di sana telah mengumpulkan foto potongan es di Mars, indikasi adanya air di permukaan Mars.

(Visited 11 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.