Thu. Oct 29th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Kehancuran yang Akan Terjadi Jika Bulan tiba tiba Hilang

2 min read
Sharing is Caring

Salah satu hal yang paling menarik tentang evolusi kehidupan di Bumi adalah hubungannya dengan langit.

Di bawah kondisi yang tepat, molekul-molekul kecil bisa meledak, dan kondisi itu tidak akan sama jika tata surya tidak memiliki konfigurasi seperti saat ini.

Matahari memiliki kehadiran paling berpengaruh di tata surya. Tanpa matahari Bumi yang kita tempati akan terus-menerus terperangkap dalam suhu yang mendekati nol. Namun Bulan juga memainkan peran yang sangat penting dalam memediasi kondisi di Bumi.

Tanpa Bulan, kehidupan mungkin tidak pernah muncul di Bumi miliaran tahun yang lalu.

Pada tahun 1993, Jacques Laskar, direktur Pusat Penelitian Ilmiah Nasional Prancis, melakukan analisis yang cermat tentang efek Bulan pada kemiringan sumbu Bumi.

Baca juga  3 Pelajaran dari Keluarga BJ Habibie dan Ainun yang Luar Biasa Menginspirasi

Saat ini Bumi memiliki kemiringan pada sudut 23,5 derajat menjauh dari Matahari, tergantung di mana planet ini berada selama revolusi 365 hari di sekitar bidang tenaga surya.

Tanpa Bulan, kemiringan Bumi akan menjadi lebih tidak stabil seiring waktu, yang secara radikal dapat mengubah kondisi iklim di planet ini, dan membuatnya berkembang secara berbeda.

Poros Bumi bervariasi beberapa derajat, cuaca ekstrem akan mengganggu Bumi dan kehidupan akan berjuang untuk beradaptasi dan bertahan hidup.

Kemiringan sumbu Bumi berubah, selama puluhan ribu tahun. Tetapi catatan sejarah menunjukkan kemiringan ini hanya bervariasi antara 22,1 persen dan 24,5 persen, yang dapat memicu perubahan iklim tetapi tidak menempatkan kehidupan di Bumi dalam bahaya.

Baca juga  Trik Mudah Agar Pisau Tumpul dan Berkarat Jadi Tajam Kayak Baru Lagi

Stabilitas relatif ini terkait dengan kehadiran Bulan. Tanpa Bulan, poros Bumi akan berayun lebih cepat dan lebih dramatis.

Perhitungan terbaru (pada tahun 2011) dari perjalanan para ilmuwan — Jack Lissauer dari Pusat Penelitian Ames NASA, Jason Barnes dari Universitas Idaho, dan John Chambers dari Carnegie Institution for Science — membuktikan kemiringan Bumi dapat bervariasi hingga 10 derajat jika Bulan tidak dalam orbitnya saat ini untuk memberikan efek stabilisasi.

(Visited 8 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.