Wed. Sep 23rd, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

4 Meteorit yang Jatuh ke Bumi Ternyata Berasal dari Mars

2 min read
Sharing is Caring

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan benda luar angkasa yang bernama meteorit. Terdapat perbedaan mendasar antara benda langit yang disebut meteor dan meteorit. Meteor yang mungkin pernah kita lihat, merupakan benda luar angkasa yang masuk ke dalam atmosfer bumi dengan kecepatan tinggi dan akhirnya terbakar. Fenomena ini sering kita sebut dengan bintang jatuh karena menimbulkan kobaran api yang bisa kita lihat dari kejauhan seperti cahaya.

Sedangkan meteorit merupakan sisa meteor yang berhasil masuk ke permukaan bumi setelah terkikis oleh atmosfer bumi. Jadi hanya sisa seperti batuan kecil bekas terbakar.

Dari sekian ribu meteorid yang jatuh ke bumi setiap tahun sebagai bintang jatuh, terdapat sekitar 60 buah meteorit yang diklaim itu berasal dari Mars. Batu langka ini dikabarkan membuat para ilmuwan terkagum-kagum. Dari batu yang ditemukan dan diklaim berasal dari planet Mars tersebut kita bisa memperkirakan seperti apa sebenarnya planet merah itu.

Baca juga  5 Planet Paling Mematikan Di Tata Surya

Inilah penampakan batu langka yang berasal dari Mars dan membuat para ilmuwan terkagum-kagum

1. Meteorit Tissint

Meteorit tissint jatuh di bumi pada saat fenomena bintang jatuh di langit Maroko. Tepatnya pada tanggal 18 Juni 2011 pukul 02:00 waktu setempat. Meteorit tissint tersebut memiliki berat 1,6 ons/46 gram dan sudah laku dilelang dengan harga US$ 43,750.

2. Meteorit Allan Hills 84001

Meteorit Allan Hills 84001 dikabarkan memiliki tanda-tanda kehidupan. Akan tetapi itu masih menjadi kontroversi oleh para peneliti saat ini.

3. Northwest Africa 7034

Meteorit ini dinamakan Northwest Africa karena ditemukan di daerah Gurun Sahara Afrika Barat Laut. Sering dijuluki dengan Beauty Black karena bentuknya yang berbeda dengan batu kebanyakan. Batu ini dikabarkan mengandung air paling banyak.

Baca juga  5 Hal Luar Biasa yang Ditemukan di Kosmos

4. Nakhlite

“Nakhlite adalah batuan beku yang kaya akan augite (mineral aluminosilikat hijau tua atau hitam dari kelompok piroksen) dan terbentuk dari magma basaltik dari setidaknya empat letusan, yang mencakup sekitar 90 juta tahun lalu.”

(Visited 66 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.