Thu. Oct 29th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Kepala Meledak? Inilah 5 Sindrom Aneh yang Hanya Ada Di Kepala

2 min read
Sharing is Caring

Setiap kondisi yang menyebabkan gejala-gejala menyakitkan jelas sangat membuat frustrasi, tetapi bagaimana jika seorang dokter menyatakan rasa sakit itu hanya di kepala?

Sindrom Kepala Meledak

Kondisi yang dikenal sebagai EHS ini menyebabkan penderita merasakan “kepalanya akan meledak saat tidur. Kondisi ini tidak berbahaya tetapi sangat menakutkan bagi penderitanya.” Persepsi kepala akan meledak sering terjadi ketika penderitanya tertidur. Tetapi juga dapat menyebabkan penderitanya terbangun dengan kejang di tengah tidur. Gejala lainnya termasuk kilatan cahaya, perasaan panas yang intens, nyeri dada, dan perasaan sensasi listrik di seluruh tubuh. Walaupun kondisinya sudah ada sejak akhir 1800-an, ada sedikit yang dapat ditawarkan oleh seorang dokter untuk membantu gejala-gejala fisik yang ditimbulkan oleh EHS.

Baca juga  Inilah 5 Penyakit Paling Menakutkan di Dunia

Fibromyalgia

Ada sejumlah gejala fisik yang terkait dengan fibromyalgia, termasuk rasa sakit yang menyebar di seluruh tubuh, kelelahan, depresi, dan sakit kepala. Meskipun demikian, masih ada kepercayaan dalam komunitas medis bahwa kondisinya hanya ada di benak para penderita. Menurut Gerard Mesill, M.D., Orang dengan sindrom fibromyalgia (FMS) tidak hanya menderita dari rasa sakit yang terus-menerus meluas, tetapi mereka juga terkadang menghadapi penilaian dan ketidakpercayaan dari para profesional medis yang meragukan apakah kondisi mereka nyata.

Somatization Disorder

Somatization disorder sangat mengganggu pasien karena gangguan ini menciptakan siklus rasa sakit yang tidak ada habisnya karena kecemasan atas kondisi tersebut. Gejala-gejala fisik dari gangguan ini terlalu banyak untuk disebutkan tetapi termasuk amnesia, diare, pusing, sakit kepala, kelumpuhan, dan perubahan penglihatan. Sementara gejala-gejala kelainan ini tampaknya tidak terbatas, tidak adanya penyebab fisik yang dapat diidentifikasi telah membuat banyak dokter percaya bahwa kelainan itu hanya bersifat psikologis.

Baca juga  Ini Lagu Paling Misterius Di Internet, yang Berhasil Membuat Para Ahli Kebingungan

Conversion Disorder

Masalah Conversion Disorder di abad ke-17 kemudian disebut sebagai histeria dan dianggap telah mempraktekkan ilmu sihir dan karenanya dieksekusi dengan dibakar di tiang pancang. Kepercayaan gangguan konversi adalah gangguan psikologis yang menghasilkan beberapa gejala fisik yang sangat serius, termasuk kejang, kebutaan, dan kelumpuhan. Mereka yang menderita kelainan konversi sering mengalami sesuatu yang traumatis, dan trauma ini sering ditekan dengan cara tertentu. Gangguan ini tidak umum, karena diperkirakan hanya mempengaruhi 0,03 persen populasi.

Chronis Fatigue Syndrome

Sindrom kelelahan kronis sulit mendapatkan diagnosis yang akurat, karena itu sering berurusan dengan gejala fisik yang sangat nyata tanpa perawatan yang memadai. Perasaan bahwa sindrom kelelahan kronis yang menghasilkan gejala fisik yang serius dan melemahkan hanyalah gangguan psikologis yang begitu meluas sehingga Institute of Medicine merasa semua itu hanya psikosomatis.

Baca juga  Inilah Elemen Paling Langkah di Bumi!
(Visited 130 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.