Sat. Sep 26th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Bayar Pajak ke Negara, Setengah dari Hadiah Bugha Hilang?

2 min read
Kyle 'Bugha' Giersdorf

Kyle 'Bugha' Giersdorf

Sharing is Caring

Nama Kyle ‘Bugha’ Giersdorf memang tak diprediksi untuk keluar sebagai juara jika dibanding dengan bintang-bintang Fortnite yang bertanding di sana seperti Turner ‘Tfue’ Tenney dan Anthony ‘Bizzle’ Miller, namun permainan apiknya berhasil menepis semua prediksi. 

Bocah 16 tahun ini tampil agresif mengalahkan para jagoan dalam kompetisi ini, mendapatkan 59 poin dari total enam gim. Keunggulannya sejak ronde pertama bahkan membuat selisih poin Bughadengan pemain di posisi kedua mencapai 26 poin. 

Mendapatkan total hadiah sebesar 3 juta USD atau lebih dari 42 milyar Rupiah berhasil menjadikan Bugha berada di 10 besar pemain esports dengan pendapatan tertinggi. Sayangnya, fakta bahwa dirinya harus membayar pajak ke pemerintah dari hadiah turnamen esports yang di dapatkan membuatnya hanya bisa membawa pulang kurang lebih setengah dari total keseluruhan hadiah tersebut. 

Baca juga  Macan Bangun Tidur! EVOS Borong Juara ML & DOTA 2 di IENC

Di New York, jika kamu mendapatkan uang dari hadiah maka pemerintah akan memotong pajak sebesar 8.82%, sebesar 264.600 USD yang harus dibayarkan Bugha ke pemerintah NY. Tak berhenti di sana, Bugha masih harus membayar pajak ke Federal Government dengan angka yang sangat besar yakni mencapai 39.4%. Total tersebut membuat Bugha harus kembali memotong 1,182,000 USD tambahan dari uang yang didapatkannya. 

Dua pemotongan pajak tersebut membuat Bunga harus ‘kehilangan’ 1,446,600 USD, hanya menyisahkan sekitar 1,5 juta USD untuk disimpan olehnya. 

US Federal Tax

Meskipun terkena pemotongan, namun jumlah uang yang dibawa pulang oleh Bugha masih sangat besar membuat dia masih bisa membeli banyak hal yang mungkin diimpikannya. Tentu saja mungkin beberapa in-game cosmetics Fortnite ada di rencana pembeliannya

Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, apakah penerapan pajak seperti ini sudah efektif di Indonesia? 

Baca juga  3 Fakta Unik Mobile Legends!
(Visited 20 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.