Mon. Oct 26th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Tips Mengelola Keuangan Dari Hasil Usaha Sampingan Diluar Gaji Bulanan

3 min read
Sharing is Caring

Kopi17an – Sobat Kopi17an, banyak orang yang masih belum bisa mengelola keuangannya dengan baik walaupun penghasilan yang diperoleh besar. Alhasil, sering kali penghasilan baik dari gaji maupun usaha sampingan lain dari jerih payahnya selama sebulan menjadi sia-sia lenyap entah kemana. Memang tidak mudah untuk mengatur keuangan. Setiap ada uang budaya konsumtif muncul. Padahal harus segera diatur biar kondisi keuanganmu lebih dari sekedar baik.

Seperti dilansir dari moneysmart.id, selain gaji yang sering tak terlihat wujudnya banyak juga orang yang menggeluti usaha sampingan, tapi tidak mampu juga mengelola pendapatannya tersebut. Akibatnya gaji pokok dan gaji dari sampingan juga habis. Padahal tujuannya kerja sampingan untuk menambah pundi-pundi, bukan untuk menambah pengeluaran guna pemenuhan gaya hidup baru.

Sebennarnya mengelola keuangan, khususnya uang hasil pekerjaan sampingan bukan hal yang sulit kok. hanya butuh komitmen dan konsisten. Ada tiga langkah mudah untuk mengelola keuangan usaha sampingan

Baca juga  Iron Man Belum Tentu Mati Benar, Inilah 5 Alasan Mengapa Marvel Harus Mengembalikannya

1. Punya rekening yang berbeda dengan rekening untuk gaji

Untuk cara yang pertama dengan mengelola keuangan kerja sampingan adalah dengan membuka rekening yang baru. Rekening tersebut kemudian hanya dikhususkan untuk menyimpan pendapatan-pendapatan dari pendapatan usaha sampingan. Gaji dan sampingan jangan disatukan dalam satu rekening. Kalau digabung berpotensi habis dalam waktu cepat. Tapi kalau dipisah, kamu bisa mengaturnya dengan lebih terencana. Misalnya, kamu udah memiliki komitmen buat gak memakai uang dari pendapatan kerja sampingan. Jadi, tinggal aja ATM-nya di rumah, jangan dibawa ke mana-mana. Dengan cara seperti ini kamu juga bisa mengatur berapa pendapatan yang diterima dan pengeluaran yang sudah digunakan.

2. Lakukan kegiatan produktif di waktu luang 

Salah satu kegiatan yang bisa menyedot lebih banyak gajimu adalah nongkrong di kafe setiap akhir pekan atau makan besar setiap memperoleh penghasilan tambahan. . Kalau keseringan, jangankan gaji bulanan dan pendapatan kerja sampinganmu menipis. Untuk menekannya, coba manfaatkan hari liburmu dengan kegiatan-kegiatan yang lebih produktif lagi, misalnya mengerjakan proyek sampingan. Dengan cara menyibukkan diri, keuanganmu bakal terselamatkan. Kamu gak perlu khawatir lagi kalau akhir bulan tiba-tiba duit udah habis semua. Tapi kalau ngerjain proyekannya di kafe sih sama aja bohong! Mending di rumah, gratis, makanan tinggal ambil di dapur, dan gak terganggu dengan suara berisik. 

Baca juga  Sudah Kaya Sejak Lahir, 3 Artis Muda Ini Memiliki Bisnis Di Mana-Mana

3. Mulai berhemat

Tips terjitu mengelola keuangan agar gaji kerja sampinganmu tidak cepat habis adalah mulai berhemat! Formula simpelnya adalah tidak mengeluarkan uang lebih banyak daripada pendapatan yang kamu terima. Belanha hanya memenuhi kebutuhan, bukan keinginan.

Orang cerdas akan memanfaatkan gaji kerja sampingan untuk hal-hal yang bermanfaat, misal ditabung demi masa depan atau untuk keperluan lain yang mendadak. Namanya kerja, memang tujuannya untuk mempersiapkan dana di masa yang akan datang, entah itu jangka pendek maupun persiapan kebutuhan jangka panjang. Percuma dong kalau dihabiskan dalam waktu sekejap, sama saja buang-buang tenaga ngambil pekerjaan sampingan. Atau bisa juga memanfaatkan gaji tambahan itu untuk membayar utang-utang yang masih menumpuk. Lumayan kan, kamu gak perlu mengorbankan gaji dari pekerjaan pokok untuk mencicil pembayaran utang. 

Baca juga  Pemasangan Iklan Facebook

Kalau kamu berniat menjadikan kerja sampingan itu sebagai bisnis yang besar, gunakan uang penghasilannya untuk membeli peralatan-peralatan penunjang.

(Visited 16 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.