Thu. Aug 13th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Ini dia 4 Saksi Bisu Sisa Perang Dunia Ke-2 Di Indonesia

2 min read
Sharing is Caring

Perang Dunia ke-2 berlangsung dari tahun 1939 sampa 1945. Perang ini melibatkan banyak sekali negara-negara di dunia termasuk negara dengan berkekuatan besar yang akhirnya membentuk dua aliansi militer yang saling bertentangan yang disebut SEKUTU dan POROS.

Dan dalam perang yang berlangsung ini jumlah korban yang meninggal mencapai 70 sampai 85 juta jiwa. Ketika perang berlangsung Indonesia tidak ikut didalamnya karena saat itu negara kita masih berada dalam penjajahan Belanda dan Jepang sebelum akhirnya memerdekakan diri pada 17 Agustus 1945.

Meskipun tidak ikut serta dalam perang, ternyata ada banyak jejak peninggalan perang dunia ke-2 di Indonesia.

1. Kepulauan Morotai

Hasil gambar untuk kepulauan morotai

Kepulauan Morotai terletak di Almahera Utara, kawasan ini menjadi tempat pertahanan militer milik sekutu. Di pulau tersebut memiliki banyak monumen yang tertinggal dari perang dunia ke-2. Bahkan di lautnya terdapat banyak sisa-sisa kendaraan perang seperti tank atau pesawat yang karam di dalam laut.

Baca juga  5 Patung Tertinggi di Dunia, Ada yang dari Indonesia!

2. Pulau Biak

Hasil gambar untuk pulau Biak

Pulau biak pernah menjadi tempat perang antar sekutu pada perang dunia ke-2, dan akibat perang ini Jepang mengalami kekalahan dan kerugian. Apalagi di Pulau Obi dimana terdapat landasan pacu ketika perang dunia ke-2. Selain itu, goa – goa yang terdapat di pulau biak beberapa di gunakan sebagai tempat penyimpanan senjata dan untuk merawat tentara-tentara yang terluka.

3. Kepulauan Mapia

Kepulauan Mapia terletak di perairan yang agak jauh dari Pulai Papua. Kepulauan ini dipenuhi dengan pohon kelapa. Pada perang dulu Jepang pernah menggunakan pulau ini sebagai basis pertahanan. Jepang memilih pulau ini karena Pulau Biak memiliki Kelapa yang dapat diolah menjadi minyak dan bahan lainnya. Jejak – jejak yang tertinggal berupa makam-makam yang sudah lama, karena jaman dulu Jepang membawa orang-orang dari daratan utama Papua untuk di pekerjakan di Pulau Biak.

Baca juga  Sejarah Harakiri atau Seppuku, Tradisi Bunuh Diri yang Dilakukan di Jepang

4. Pemenang – Lombok Utara

Lombok dikenal sebagai tempat wisata bahari yang indah yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan luar negeri. Di dalam lautnya terdapat bangkai kapal bekas perang dunia ke-2 yang sering dikunjungi oleh wisatawan. kita juga dapat melihat goa-goa yang pernah di gunakan jepang dulu. Ada pula meriam yang banyak di temukan di Lombok dan dilindungi untuk keperluan pendidikan.

Itu dia sisa sisa bukti perang dunia ke-2 di Indonesia. Perang dunia ke-2 sangat merugikan masyarakat dunia saat itu, dan karena perang tersebut terbentuklah PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa).

(Visited 31 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.