Tue. Oct 20th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

8 Fakta Unik Mumi Mesir

2 min read
Sharing is Caring

Mumi mesir selalu menjadi sumber misteri dan keingin tahuan. Bagaimana mayat yang sudah berusia ribuan tahun masih terawetkan dengan baik. Bahkan bahan pengawetnya juga belum bisa dipecahkan oleh para peneliti modern.

Mari kita kupas sedikit tentang Mumi Mesir ini

1. Proses mumifikasi tubuh membutuhkan banyak linen. Kain pada satu mumi dari dinasti ke 11 berukuran hingga 845 meter persegi, kira-kira setara 3 kali luas lapangan tenis.

2. Pada abad Pertengahan Eropa, Mumi digunakan sebagai obat. Misalnya, orang Eropa akan merebus mumi dan menggunakan minyaknya untuk mengobati memar, sakit perut, dan berbagai penyakit lainnya.

3. Di Mesir kuno, dipercaya seorang dewi bernama Meretseger yang berbentuk kobra, akan melindungi Lembah Para Raja. Menurut legenda ia akan membutakan atau meracuni perampok yang merusak makam. 

Baca juga  10 Fakta Restoran Cepat Saji Ini Hanya Diketahui Oleh Karyawan

4. Selama proses mumifikasi, orang Mesir kuno akan mengeluarkan seluruh organ dalam, kecuali bagian hati. 

Ini karena mereka percaya bahwa seseorang dinilai oleh hati mereka. Itu sebabnya kenapa sering digunakan perlindungan berupa jimat bernama “kumbang hati”.

5. Orang-orang Mesir kuno memumikan berbagai jenis hewan, termasuk kucing, domba jantan, ibis, elang, buaya, tikus, tikus, kadal, dan bahkan telur.

Lebih dari satu juta mumi telah ditemukan di Mesir, kebanyakan adalah kucing.

6. Hukuman bagi perampok makam di Mesir kuno tidaklah main-main. Mereka akan mengalami kematian yang mengerikan. Didepan umum, telapak kaki mereka akan dipukuli lalu dipakukan di atas tongkat kayu yang tajam.

Baca juga  Bocah Berumur 2 Tahun ini Mirip Barbie!

7. Orang Mesir memandang mumifikasi sebagai langkah penting dalam mencapai kehidupan akhirat yang penuh kebahagiaan.

8. Otopsi pada mumi mengungkapkan bahwa orang-orang kuno juga menderita banyak penyakit modern, seperti arteri yang tersumbat, kanker prostat metastatik, malnutrisi, infeksi saluran cerna, tuberkulosis, tukak lambung, cacar air, dan sinusitis.

(Visited 76 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.