Thu. Jul 2nd, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

5 Peristiwa yang Bisa Datangkan ‘Kiamat’ Di Bumi

2 min read
Sharing is Caring

Bumi telah ada selama sekitar 4,5 miliar tahun. Tentu saja, dunia menghadapi sejumlah masalah yang menjadikan keberadaan jangka panjang planet ini dipertanyakan.

Gamma-Ray Burst

Gamma-ray burst (GRB) adalah ledakan radiasi elektromagnetik frekuensi tinggi. Semburannya dapat mengeluarkan aliran energi yang lebih besar dari yang dapat dihasilkan Matahari dalam sepuluh miliar tahun, dan itu akan terjadi dalam hitungan detik. Para ilmuwan percaya bahwa GRB mungkin disebabkan oleh bintang yang meledak atau tabrakan bintang neutron. Diperkirakan bahwa jika Bumi dihantam oleh ledakan sinar gamma yang terjadi di Bima Sakti, secara kimiawi akan merusak atmosfer kita, menipiskan lapisan ozon, yang melindungi kita dari sinar ultraviolet, sehingga memicu kepunahan massal.

Baca juga  Kehancuran yang Akan Terjadi Jika Bulan tiba tiba Hilang

Raksasa Solar Flare

Pada Juli 2012, badai matahari hampir menimpa Bumi. Pijaran matahari raksasa merusak massa koronal, merobek orbit Bumi. Jika terkena, hal itu akan mengganggu perangkat listrik. Nyala api akan menyebabkan kehancuran yang diperkirakan 20 kali lebih besar dari Badai Katrina, dan kerusakan yang dihasilkan akan membutuhkan setidaknya 20 tahun untuk memperbaikinya.

Banjir Basalt

Pada akhir periode Trias, setengah dari semua spesies yang hidup punah. Ini disebabkan oleh letusan gunung berapi yang begitu besar sehingga bisa menutupi AS dengan 91 meter lava. Letusan ini, dikenal sebagai peristiwa basal, yang menyebabkan peningkatan suhu global, dan dua kali lipat jumlah karbon dioksida di atmosfer, dan pengasaman lautan. Beberapa ilmuwan percaya bahwa hampir semua peristiwa kepunahan massal dalam sejarah Bumi terhubung dengan letusan basal, daripada penyebab yang lebih populer seperti asteroid.

Baca juga  Terkesan Nyeleneh Tapi Ada Benarnya, Bacalah 7 Kalimat ini

Large Hadron Collider

Large Hadron Collider (LHC) adalah cincin bawah tanah di mana partikel-partikel dihancurkan bersama dengan kecepatan sangat tinggi. Dengan menggunakan kekuatan 9.300 magnet, ilmuwan dapat menyebabkan 600 juta tabrakan per detik dalam semacam derby sub-atomik. Kondisi di situs utama CERN, tempat collider disimpan, dikontrol dengan ketat. Tetapi kecelakaan bisa terjadi dengan akselerator partikel. Pada tahun 2009, LHC ditutup. Sepasang fisikawan yang disegani, yakin bahwa penelitian tentang partikel boson Higgs merugikan nasib alam semesta.

Invasi Alien

Pencarian kehidupan cerdas di luar angkasa telah melibatkan banyak ilmuwan dan astronom. Namun, tidak semua orang berpikir bahwa mencari alien adalah ide yang bagus. Profesor Stephen Hawking percaya bahwa alih-alih mencoba melakukan kontak dengan bentuk-bentuk kehidupan asing, kita lebih baik berusaha bersembunyi dari mereka. Dia mendalilkan bahwa, mengingat jumlah planet yang kita tahu ada, pasti ada bentuk-kehidupan lain di alam semesta, paling tidak beberapa di antaranya akan memiliki kecerdasan superior, dengan kemampuan teknologi dan militer yang lebih besar. Dan, Hawking mengatakan, jika mereka datang, hal itu akan lebih seperti penakluk dunia.

Baca juga  7 Fenomena Alam yang Masih Belum Terpecahkan Sampai Saat ini
(Visited 29 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.