Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

5 Fakta Aneh Dari Air Mata yang Mengusik Rasa Ingin Tahu

2 min read
Sharing is Caring

Para peneliti menemukan bahwa menangis menjadi salah satu bentuk evolusi yang penting, dan air mata mengirimkan sinyal kimia kepada orang lain.

Tanda Tak Berdaya

Tidak ada yang tahu mengapa kita menangis, tetapi teorinya banyak termasuk unsur emosional. Di lain waktu, air mata diproduksi sebagai perlindungan terhadap debu dan asap. Pada tahun 2009, seorang ahli biologi bertanya, “Apa manfaat evolusi yang ditawarkan oleh tangisan?” Hal ini merupakan tanda-tanda fisik ketidakberdayaan dan bukanlah sinyal yang mengancam. Air mata juga membangkitkan simpati pada orang lain, dan perlindungan yang meningkatkan peluang individu untuk bertahan hidup.

Mengapa Kebahagiaan Membawa Air Mata

Menangis sebagian besar terkait dengan emosi negatif seperti berduka dan sedih. Namun, ada juga orang-orang yang menangis saat pernikahan dan bahkan ketika mereka memenangkan medali emas Olimpiade. Ternyata, otak tidak dapat membedakan emosi-emosi negatif dan positif yang menyangkut air mata. Hipotalamus, daerah seukuran almond, hanya bereaksi terhadap luapan emosi yang meluap-luap. Namun, gagal mendeteksi stres atau kegembiraan.

Baca juga  5 Bintang yang Mungkin Anda Pikir Itu Mustahil Ada

Mengapa Bawang Membuat Menangis

Bawang melepaskan bahan kimia yang dirancang untuk mencegah hewan apa pun mencoba memakannya. Zat kimia ini disebut propanthial s-oxide. Sel-sel bawang yang menguap ini melayang ke atas mata. Senyawa larut dalam air dan berubah menjadi asam sulfenat yang mengiritasi kelenjar air mata dan menghasilkan perasaan “bola mata terbakar.”

The Virgin Atlantic Survey

Ketika Virgin Atlantic melakukan survei pada 2011, hasilnya menunjukkan sejumlah orang mengalami peningkatan emosi saat terbang, dan perjalanan udara menyebabkan lebih banyak orang menangis. Sekitar 41 persen sukarelawan lelaki mengakui bahwa mereka diam-diam menangis di bawah selimut ketika berada di pesawat. Tidak ada penelitian ilmiah serius yang dilakukan untuk mengungkap hal ini.

Baca juga  5 Fakta Keluarga Rotschild yang Misterius

Air Mata Bisa Menghasilkan Listrik

Lisozim adalah enzim dalam air mata manusia, putih telur, air liur, dan susu mamalia. Ketika dikristalisasi, enzim ini menunjukkan potensi piezoelektrik. Energi ini diproduksi oleh zat-zat tertentu di bawah tekanan. Salah satu contoh adalah kristal kuarsa. Pada 2017, para ilmuwan melakukan upaya pertama untuk menguji apakah lisozim benar-benar dapat menghasilkan listrik. Protein dioleskan pada film yang mengalami gaya mekanis. Ketika pembacaan dicatat, hasilnya menunjukkan bahwa enzim memicu daya setara dengan kuarsa. Lisozim memiliki manfaat yang lebih menarik karena bersifat biologis dan tidak beracun.

(Visited 7 times, 1 visits today)