Thu. Jul 16th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

6 Tanaman Badass yang Jadi Bencana Bagi Hewan Atau Manusia

3 min read
Sharing is Caring

Banyak tanaman yang luar biasa di bumi ini. Mereka terkadang berbeda dari tanaman kebanyakan dan terkadang juga memiliki hal unik yang bagi kita itu benar-benar luar biasa. Dan memang tanaman yang pernah ditemukan memiliki hal seperti itu. Diantaranya itu merupakan tanaman yang membahayakan atau tidak disenangi oleh makhluk hidup lainnya.

Dan inilah beberapa tanaman luar biasa yang mungkin dihindari atau tidak disenangi oleh hewan atau manusia:

1. Venus Fly Trap

Mungkin kalian pernah melihat tanaman-tanaman yang memakan manusia di film-film. Tumbuhan yang mirip seperti itu memang ada di bumi ini meskipun tidak benar-benar dapat membunuh manusia seutuhnya.

Salah tumbuhan tersebut adalah Venus Fly Trap, tumbuhan karnivora yang terutama memakan serangga. Serangga yang terperangkap akan mati dengan getah yang dihasilkan oleh kelenjar yang dimilikinya. Itu juga dibantu dengan nektar manis yang dihasilkan di dalam capitnya yang berwarna merah. Itu menarik serangga mendekat kemudian kurang dari setengah atau satu detik, tumbuhan ini sudah bisa menangkap dengan capitnya yang sensitif.

Baca juga  10 Potret Lucu Pengendara Bermotor Di Indonesia Ini Bikin Kamu Ngakak Sampai Ngompol

Venus Fly Trap sendiri dapat ditemukan di Pantai Timur dari Amerika Serikat di North Carolina dan South Carolina. Panjang tangkainya bisa mencapai 20-30 cm dan capitnya yang terlihat sangar dapat mencapai ukuran 8-15 cm.(1)

2. Nepenthes (Pitcher Plant)

Selain Venus Fly Trap, Nepenthes juga termasuk tanaman karnivora. Sedikit berbeda, tanaman ini tidak memiliki capit yang mengerikan melainkan rongga yang diisi dengan cairan. Itu digunakan oleh mereka sebagai perangkap. Serangga terbang yang masuk secara umum tidak mungkin lagi untuk keluar.

3. Rafflesia arnoldii

Rafflesia arnoldii sudah dikenal luas di dunia. Mereka juga salah satu bukti bagaimana kaya nya negara indonesia dalam flora nya. Tanaman ini memang luar biasa mengingat itu merupakan bunga tunggal terbesar di dunia (dalam hal diameter). Tentunya tidak boleh dilewatkan apa yang membuat bunga ini terkenal, itu karena baunya yang sangat bau menyerupai bangkai. Baunya adalah bencana bagi hidung manusia, terutama yang sensitf terhadap bau.

Baca juga  Heboh KKN Desa Penari, Begini Klarifikasi Penulisnya, Ternyata

Namun bukan hanya itu, apa yang membuat ilmuwan tertarik salah satunya adalah tidak adanya klorofil atau lebih tepatnya rafflesia tidak mempunyai batang, daun, bahkan akar, hanya bunga yang ada. Itu sebabnya dia juga tidak bisa memproduksi makanan sendiri dan itu menjadikan mereka harus bergantung pada tanaman lain, menjadikan mereka parasit.

4. Titan Arum

Satu lagi, tanaman yang memiliki bau busuk yang menyiksa hidung. Itu juga tanaman yang ada di indonesia. Meskipun tidak setenar Rafflesia arnoldii, tetapi Titan Arum tidak kalah luar biasa. Mereka memang menimbulkan bau yang sangat busuk dan itu juga yang menyebabkan mereka menyandang gelar bunga bangkai selain rafflesia. Bukan hanya itu, ukuran mereka juga besar, dapat tumbuh setinggi sekitar tiga meter dengan lebar bunga sekitar empat meter.

Baca juga  Jawaban Dibalik Misteri Jenglot yang Mengerikan

5. Sundew

Sundew adalah salah satu tanaman karnivora yang tersebar di seluruh dunia. Sama dengan kebanyakan tanaman karnivora kebanyakan, mereka juga menghasilkan cairan untuk menarik serangga. Kemudian, setelah serangga tertarik mereka akan tersangkut di sulur-sulur yang akan menyengat dan melepaskan enzim untuk menaklukkan mangsanya.

6. Dracunculus vulgaris

Dibalik penampilannya menarik, itu menyimpan hal yang menyiksa hidung manusia. Apalagi jika bukan bau busuk yang dikeluarkannya. Bau itu digunakan oleh mereka untuk menarik serangga yang akan membantu proses penyerbukan. Namun untungnya, bau itu akan menghilang setelah hari pertama sehingga kita dapat menikmati keindahannya.

(Visited 51 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.