Sat. Dec 7th, 2019

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

6 Cara Mencegah Kematian di Tempat Umum yang Berbahaya

3 min read
Sharing is Caring

Tahukah kamu kalau kita saat ini hidup di zaman paling tenang dalam sejarah umat manusia. Walau diklaim paling tenang, kita wajib mewaspadai kejahatan yang bisa membahayakan keselamatan kita.

Pada Kesempatan kali ini Kopi17an telah merangkum 7 cara agar kamu bisa menyelamatkan diri apabila terjebak dalam modus kejahatan atau situasi yang berbahaya.

6. Wajib bawa 3 benda ini

Kemanapun kamu pergi jangan pernah lupa membawa 3 benda ini. Tanpa terkecuali.

Mengapa hal ini penting? Jika kamu terjebak dalam situasi yang tidak memungkinkan untuk pulang dengan kendaraanmu sendiri, setidaknya kamu bisa meminta bantuan teman atau keluargamu menggunakan ponsel. Selain itu ponselmu bisa berguna untuk memanggil bantuan polisi atau ambulans jika terjadi suatu kecelakaan didekatmu. Tapi pastikan juga agar ponselmu selalu terisi dayanya.

Mengapa membawa uang? Jika kamu didaerah yang terpencil tanpa mesin ATM, uang akan lebih berguna, jadi selalu bawalah uang cadangan jika ingin berpergian kemana saja.

Kunci juga sangat penting kamu bawa agar kamu terbiasa untuk mengunci pintu rumah sebelum kamu pergi.

Baca juga  4 Kejadian Mistis yang Sering Terjadi Saat Mendaki Gunung

5. Meminta maaf

Jika kamu berada di jalan dan secara tidak sengaja menabrak seseorang, minta maaflah dan lanjutkan perjalanan.

Apa pentingnya sih? Karena kita tidak tahu siapa orang yang kita tabrak. Bisa saja orang tersebut membawa senjata atau sedang mabuk berat. Mereka bisa saja dalam kondisi sangat marah atau sangat kesal. Walau belum menyelesaikan masalah, setidaknya dengan meminta maaf akan membuatmu terhindari dari sesuatu yang tidak diinginkan.

4. Mencari jalan keluar sebelum terjadi bencana didalam gedung

Kemanapun kamu pergi baik itu ke hotel, mall, kantor, sekolah, atau kampus, pastikan untuk menemukan 3 pintu keluar. Jika kamu masih belum familiar dengan suatu tempat memang akan sedikit susah. Cobalah untuk mengamati sekelilingmu sekalipun kamu hanya menemukan satu pintu keluar. Atau kamu juga bisa memanfaatkan kaca yang besar dan mudah dipecahkan.

Mengapa hal ini penting? Jika terjadi sesuatu yang buruk seperti kebakaran misalnya, maka kamu akan kerepotan untuk mencari-cari pintu keluar. Dengan mengamati dan mengingat dimana saja lokasi pintu keluar maka kamu dapat bergerak dengan cepat tanpa perlu berpikir dua kali.

Baca juga  Teknologi ini bisa Menyelamatkan Manusia dari Kematian!

3. Hitung jumlah baris kursi untuk menuju pintu keluar

Jika kamu sedang naik pesawat. Usahakan untuk menghitung jumlah baris kursi dari tempatmu duduk menuju pintu keluar pesawat yang paling dekat. Ingat-ingatlah jumlahnya.

Mengapa hal ini penting? Jika didalam pesawat keluar asap, biasanya lampu didalam pesawat akan meredup dan akan mempersulitmu untuk mencari petunjuk jalan keluar. Akan tetapi jika kamu mengingat jumlah baris kursi dari tempatmu duduk ke pintu keluar, maka kamu bisa segera menuju pintu keluar dengan menghitung jumlah sandaran pada kursi.

2. Menerka pelaku sebelum terjadi kekacauan

Permainanya cukup mudah, kamu cukup mengamati orang yang ada disekitarmu. Perhatikan dengan baik-baik. Amati siapa saja orang yang terlihat sangat gugup, sangat marah, atau yang terlihat ketakutan.

Mengapa hal ini penting? Intuinsi kita jarang salah. Jika seseorang terlihat berbahaya bagimu, maka berusahalah untuk menjaga jarak dengannya.

1. Melatih cengkraman tangan

Jika kamu pernah mencoba chin-up atau pull-up, biasanya bagian tubuh yang cepat lelah adalah pergelangan tangan. Cobalah untuk melatih pergelangan tangan setiap hari dengan bantuan hand grip.

Baca juga  Gang Dolly! Kehilangan Omzet Rp 45 Juta Per Bulan, Pria Ini Sukses Jadi Pengusaha Tempe

Mengapa hal ini penting? Ada beberapa situasi berbahaya yang memerlukanmu untuk bergelantungan di tempat yang sempit. Dengan genggaman yang kuat dan pergelangan tangan yang terlatih akan membuatmu lebih tahan lama bergelantungan hingga keadaan cukup aman untuk turun.

Bonus : Menyelamatkan diri dari mobil tenggelam

Ketika mobilmu masuk kedalam air, segeralah lepaskan sabuk pengaman terlebih dahulu. Jangan pernah mencoba untuk membuka pintu terlebih dahulu, akan tetapi bukalah jendela mobil terlebih dahulu. Jika jendela mobil tidak bisa terbuka maka pecahkan saja menggunakan benda apapun disekitarmu yang memungkinkan (bisa juga menggunakan sandaran kepada pada jok mobil).

Mengapa hal ini penting? Ketika hal ini terjadi, kamu hanya memiliki waktu yang sedikit untuk meloloskan diri dan kamu justru akan kehilangan banyak waktu dan tenaga untuk membuka pintu mobil yang tertekan oleh air.

(Visited 9 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.