Sat. Dec 7th, 2019

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

5 Gestur Tubuh yang Tidak Disukai Orang

2 min read
Sharing is Caring

Tahukah kamu kalau 58% dari kesuksesanmu dipengaruhi oleh bahasa tubuh yang kamu munculkan didepan orang lain. Sebagian besar waktu, orang lain akan menilai orang dihadapannya dari gestur yang ditampilkan, baik itu gestur yang kamu sadari maupun yang tidak.

Tanpa disangka kita seringkali melakukan gerakan tubuh yang begitu buruk dan beresiko memberi kesan kurang enak didepan orang lain, gestur apa sajakah itu? Mari kita simak.

1. Tidak tersenyum atau mengangguk

Tersenyum dan mengangguk merupakan tanda nonverbal yang dinilai bahwa kamu aktif mendengarkan pembicaraan. Sehingga orang lain akan merasa dihargai olehmu karena kamu tampak mendengarkan, selain itu orang lain tidak akan begitu memperhatikan kaki atau tangan lawan bicara, mereka hanya akan memperhatikan wajahmu saja, jadi berikan respon positif setiap mereka berbicara padamu dengan anggukan atau senyuman.

Baca juga  5 Momen Tersedih yang ada di Anime One Piece

Selain itu, tersenyum juga akan membuatmu merasa lebih baik, buktikan!

2. Tidak menirukan gerakan lawan bicara

Menirukan gerakan lawan bicara dapat memberikan kesan yang baik bagi lawan bicara terhadap kamu. Menurut studi yang telah dilakukan menunjukan bahwa meniru beberapa postur lawan bicara dapat mengembangkan kepercayaan dan dapat menuntun ke percakapan yang lebih mendalam, selain itu dalam penelitian ini menemukan bahwa pria lebih sulit meniru gerakan wanita, akan tetapi wanita menilai pria tampak menarik apabila dia meniru beberapa gerakannya.

Jika kamu mau mencobanya pastikan tidak meniru berlebihan ya, karena akan membuat lawan bicaramu menjadi merasa ilfeel padamu.

3. Kesalahan posisi tangan dan jari

Menggosokkan kedua tangan ketika berbicara dengan orang lain sebaiknya kamu hindari. Karena posisi ini akan memberikan kesan bahwa kamu ada niat untuk membohongi mereka atau kamu akan tampak berusaha memaksakan pendapatmu daripada meyakinkan lawan bicara.

Baca juga  6 Gestur yang Dimiliki Orang Sukses, Wajib Kamu Tiru Sob

4. Asik sendiri dengan benda disekitarmu (Fidgeting)

Bermain dengan rambut, smartphone, atau benda lain disekitarmu atau disebut dengan istilah Fidgeting dapat mengganggu komunikasi dengan lawan bicara dan membuat mereka susah untuk fokus pada pembicaraan.

Dilain sisi, mereka juga akan menganggapmu tampak lemah dan mudah terganggu. Walaupun studi terbaru membuktikan bahwa melakukan fidgeting dapat meningkatkan kemampuan menyerap informasi, tapi tidak seharusnya kamu melakukan fidgeting saat ada orang yang berbicara denganmu karena kamu akan dianggap tidak sopan dan tidak menghargai lawan bicara.

5. Kontak mata yang tidak tepat

Menghindari kontak mata dengan lawan bicara akan membuatmu tampak tidak siap dan tidak profesional dalam dunia bisnis, saat kencan atau berpestapun demikian, kamu akan tampak merasa tidak aman dan terganggu. Di sisi lain, menurut penelitian oleh Carol Kinsey Gorman (link penelitian ada dibawah) menunjukan bahwa melakukan kontak mata berlebihan dapat dianggap tidak sopan oleh beberapa orang dan terkesan mengintimidasi. Maka dari itu berikan kontak mata sewajarnya saja ya.

Baca juga  7 Tokoh Anime yang Paling ingin Dihidupkan Kembali
(Visited 12 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.