Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

TKN Bubar, Lampu Hijau buat Gerindra, Demokrat, dan PAN Merapat ke Jokowi

2 min read
Jokowi

Jokowi

Sharing is Caring

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Moeldoko memastikan, TKN akan dibubarkan secara resmi pada Jumat (26/7/2019).

“Kami akan membuat acara pembubaran TKN. Mungkin sekjen-sekjen sekarang akan membicarakan, apa kira-kira yang akan digelar nanti,” kata Moeldoko di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Presiden terpilih Joko Widodo bersama wapres terpilih Maruf Amin dan jajaran TKN. (kompas.com)

Moeldoko mengaku sempat berpikir agar TKN bersifat permanen selama jalannya pemerintahan Jokowi-Ma’ruf. Namun, belakangan ia menyadari bahwa politik bersifat dinamis.

“Ternyata politik begitulah. Tidak ada sesuatu yang permanen. Semua sangat dinamis dan selalu mencari keseimbangan baru. Nah, itu sudah rumus politik, sudah seperti itu,” kata Moeldoko seperti dikutip kompas.com (25 Juli 2019).

Meski demikian, Moeldoko mengaku komunikasi sesama anggota TKN yang berjumlah 150 orang dari 10 parpol terbangun sangat baik.

Lampu Hijau buat Eks Parpol Pengusung Prabowo?

Banyak kalangan menyebut pembubaran TKN merupakan efek dari serangkaian pertemuan antara Prabowo dengan Jokowi dan Megawati menyusul pembubaran BPN yang sudah terlebih dahulu dibubarkan secara resmi oleh Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

Dengan pembubaran tim pemenangan Pilpres kedua kubu, kemungkinan setiap parpol memiliki gerakan dan langkah yang lebih bebas dan cair dalam menentukan sikap politik.

Kalau dugaan itu benar, tentu PKS menjadi satu-satunya parpol yang tetap konsisten menjadi oposisi jika Gerindra, Demokrat, dan PAN benar-benar merapat ke Jokowi.

Yang menjadi persoalan, apakah semua parpol pengusung Jokowi-Ma’ruf legawa dan berbesar hati untuk menerima koalisi dari parpol “pendatang baru” yang sama sekali tidak pernah ikut keluar keringat memenangkan Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019.

(Visited 13 times, 1 visits today)
Baca juga  Ternyata Ini Sebabnya Mengapa Jokowi Bertemu Prabowo Di MRT. Tak Ada Yang Menduga